Terbit: 27 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengagumi seseorang karena memiliki lesung pipit di wajahnya? Banyak orang yang beranggapan bahwa lesung pipit di wajah seseorang dapat membuatnya lebih menarik dipandang. Karena itu wajar jika banyak orang tua menginginkan anaknya memiliki lesung pipit. Bahkan ada yang sengaja membuat lesung pipit dengan menusukkan ujung cabai rawit di pipi bayi. Benarkah cara ini efektif?

Benarkah Cabai Bisa Membuat Lesung Pipit di Wajah Bayi?

Salah satu penyebab munculnya lesung pipit adalah faktor genetik. Artinya, jika orang tua Anda dan pasangan memiliki lesung pipit, kemungkinan anak Anda pun akan memilikinya. Bahkan letak lesung pipit pun bisa diwariskan secara keturunan. Jika Anda memiliki lesung pipit yang dalam di pipi bagian bawah, kemungkinan anak Anda juga akan memiliki lesung pipit di bagian yang sama.

Lesung pipit bisa muncul di kedua pipi atau hanya di salah satu pipi saja. Lesung pipit dapat terlihat jelas di wajah seseorang saat tersenyum, bicara atau tertawa. Ada juga yang memiliki lesung pipit yang dalam dan sangat terlihat, sedangkan ada juga yang hanya terlihat samar.

Pakar bedah plastik di University of Texas Health Science Center, Dr. Joel Pessa menyatakan bahwa lesung pipit sebenarnya adalah bentuk kecacatan dari otot zygomatik utama. Otot zygomatik utama adalah otot ekspresi wajah yang menaruk sudut mulut ketika tersenyum. Otot ini meluas dari lengkung tulang pipi ke sudut mulut. Pemilik lesung pipit memiliki otot zygomatik yang lebih pendek dari ukuran sebenarnya atau otot bagian ini terbagi menjadi dua sehingga menyebabkan munculnya lekukan di pipi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menusukkan ujung cabai pada pipi bayi tidak akan membuatnya memiliki lesung pipi. Hal ini justru berisiko membuat cabai tergigit atau iritasi kulit pada wajah bayi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi