Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 20 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu cara untuk melatih kemandirian bayi adalah dengan melatihnya untuk makan sendiri. Sebelum melatih bayi makan bersama di meja makan, Anda bisa melatihnya untuk makan sendiri di kursi makan bayi. Bagaimana tips memilih kursi makan bayi yang nyaman?

5 Tips Memilih Kursi Makan Anak yang Nyaman

Tips memilih kursi makan bayi yang aman dan nyaman

Saat ini di pasaran banyak beredar kursi makan bayi dengan berbagai model. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan tentu saja anggaran yang tersedia. Beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memilih kursi makan anak antara lain:

1. Pilih yang bahannya mudah dibersihkan

Saat anak belajar makan sendiri, pasti akan belepotan atau tumpah di sana-sini. Karena itu pilih kursi makan dengan alas yang mudah dibersihkan untuk menjaga higienitas bayi.

2. Pilih yang bahannya kuat

Bahan utama kursi makan anak tersedia bermacam-macam, mulai dari plastik, kayu, atau fiber. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, namun pastikan kursi makan anak memiliki bahan yang kokoh agar tidak mudah rusak dan kuat menyangga bayi.

3. Pilih yang tingginya bisa disesuaikan

Semakin banyak pilihan ukuran tinggi kursi makan, semakin lama kursi makan bisa digunakan. Anda bisa menyesuaikan tinggi makan sesuai meja makan yang ada di rumah, atau bisa Anda sesuaikan dengan ukuran kursi lain yang ada di rumah.

4. Pilih yang mudah dipindahkan
Untuk memberi suasana baru ketika si kecil makan, Anda bisa mengajaknya makan di teras rumah, atau di ruangan lain di rumah. Karena itu pilih kursi makan yang mudah dipindahkan untuk memudahkan mobilitas Anda. Kursi makan yang mudah dibongkar pasang agar lebih praktis untuk disimpan dan dipindah sesuai keinginan.

5. Pilih yang aman dan nyaman bagi bayi

Keamanan kursi makan bayi merupakan salah satu faktor penting dalam memilih kursi makan bayi. Pilih yang memiliki sabuk pengaman sehingga bayi aman ketika duduk di atasnya. Adanya pijakan di kaki kursi makan juga penting untuk Anda perhatikan. Jika ada fasilitas roda, maka pilih yang memiliki fungsi rem.

Bagaimana Mom, apakah tips di atas sudah sesuai dengan kursi makan pilihan Anda?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi