Terbit: 21 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang menginginkan rambut anaknya tumbuh lebat dan sehat. Untuk memiliki rambut yang sehat dan kuat Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Selain menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, Anda juga dapat merangsang pertumbuhan rambut yang baik melalui pola makan yang baik.

5 Tips Agar Rambut Anak Tumbuh Sehat dan Kuat

Tips agar rambut anak tumbuh sehat

Dilansir dari Live Strong, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut anak yang sehat dan kuat:

1. Makan makanan bergizi
Makanan yang kaya nutrisi seperti buah dan sayur dapat membantu pertumbuhan rambut. Beberapa makanan yang kaya vitamin A seperti stroberi, sitrus dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan kelenjar kulit kepala. Selain itu anak juga butuh vitamin C untuk melindungi rambut agar tidak pecah dan vitamin E untuk meningkatkan kualitas rambut.

2. Beri asupan protein
Protein seperti telur baik untuk menjaga kesehatan rambut. Telur kaya akan L-sistein, asam amino yang penting untuk kesehatan rambut dan mengandung mineral pertumbuhan rambut seperti mangan dan vitamin B biotin yang mampu mencegah kerontokan rambut.

3. Beri asupan seng dan zat besi
Pastikan anak Anda mendapat cukup asupan seng dan zat besi. Kekurangan seng dan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Anda dapat menambahkan daging sapi, biji bunga matahari, serel, daging dan sayuran hijau untuk tambahan asupan zat besi.

4. Obati gangguan kulit kepala
Beberapa gangguan kulit kepala seperti tinea capitis, alopecia atau rontok dapat membuat rambut rontok. Sebaiknya segera hubungi dokter agar kondisi kulit kepala tidak semakin parah.

5. Lakukan perawatan rambut dengan benar
Perawatan rambut yang benar dapat mencegah rambut dari stres. Ajari anak untuk mengeringkan rambut dengan baik. Gunakan sisir bergigi besar untuk menyisir rambut yang basah dan hindari mengikat rambut terlalu kencang setiap hari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi