Terbit: 18 February 2018 | Diperbarui: 22 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki bayi baru lahir tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Salah satu kendala yang sering dialami oleh orang tua adalah menghadapi bayi yang sering terbangun di tengah tidur lelapnya. Padahal bayi membutuhkan waktu tidur yang cukup panjang sekitar 15-17 jam per hari. Jika kurang tidur, bayi akan mudah rewel dan pekembangannya jadi kurang maksimal. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan bayi sering terbangun saat malam?

5 Penyebab Bayi Susah Tidur

1. Lapar
Lapar merupakan salah satu penyebab utama bayi terbangun di tengah malam. Saat lapar, bayi akan menangis lebih keras dari biasanya untuk membangunkan Anda. Karena itu beberapa hari setelah bayi lahir, biasanya Anda akan begadang untuk menyusui bayi.

Untuk mengatasi agar bayi tidak terbangun saat tengah malam, Anda perlu memerhatikan jadwal menyusunya. Susui bayi sebelum tidur agar ia tidur dalam keadaan kenyang. Jika Anda memberikan susu botol, maka perhatikan agar bayi tidak tertidur sambil minum dot untuk menghindari tersedak dan kerusakan gigi.

2. Suara berisik
Beberapa bayi mungkin lebih peka pada suara berisik dibandingkan bayi lainnya sehingga ia sering terbangun dari tidurnya. Biasanya ia terbangun karena mendengar suara asing selain suara orang tuanya, suara televisi, dan suara yang sering didengar lainnya.

Anda dapat menyiasati bayi yang sering terbangun karena suara berisik ini dengan menghindarkan bayi dari suara-suara tersebut. Ciptakan suasana yang tenang saat bayi tidur dan matikan lampu untuk membuatnya merasa lebih nyaman.

3. Bayi kegerahan
Suhu ruangan terbaik bagi bayi adalah sekitar 18-22 derajat celcius. Jika kamar bayi dirasa terlalu gerah, maka sebaiknya nyalakan pendingin atau kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara. Bayi yang tidur kegerahan dapat memicu munculnya biang keringat dan membuatnya rewel.

4. Gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk kadang membuat bayi terbangun tengah malam. Anda bisa mencegahnya dengan memakaikan gelang anti nyamuk atau losion penolak nyamuk yang aman pada kulit bayi. Namun cara terbaik adalah dengan menjaga kebersihan kamar bayi dari sarang nyamuk.

5. Tumbuh gigi
Jika bayi Anda sering rewel, sering meneteskan liur, suka mengigit, sulit makan, mungkin ia sedang mengalami tumbuh gigi. Tumbuh gigi kadang menyebabkan peradangan sehingga membuat bayi rewel dan tidur tidak nyenyak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi