Terbit: 17 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, apakah anak Anda mengalami alergi? Anak yang memiliki alergi perlu perawatan khusus karena perlu dijauhkan dari alergen agar alerginya tidak kambuh. Pasalnya, beberapa benda di rumah dapat memicu alergi di rumah. Apa saja?

5 Barang Ini Bisa Jadi Pemicu Alergi pada Anak

Photo Credit: Pixabay.com

Benda di rumah yang dapat memicu alergi pada anak

Bagi anak yang memiliki alergi debu, beberapa barang di rumah ini dapat memicu alergi semakin parah, yaitu:

1. Sofa
Sofa merupakan salah satu tempat yang banyak mengandung debu dan tungau. Beberapa gejala alergi pada anak antara lain bersin, hidung tersumbat, dan mata merah. atau gatal-gatal. Untuk mencegah alergi anak kambuh, Anda bisa membersihkan sofa dengan rutin.

2. Karpet dan gorden
Karpet dan gorden rumah seringkali menjadi sarang debu dan tungau di rumah. Umumnya anak yang mengalami alergi akan mengalami gangguan pernapasan dan kulit kemerahan ketika terkena debu dan tungau dari gorden.

3. Air conditioner (AC)

AC merupakan salah satu hal yang harus diperiksa di rumah ketika anak mengalami alergi. Bisa jadi, anak mengalami alergi akibat debu yang ikut tersebar dari pendingin ruangan ini. Bersihkan AC dengan rutin dan jaga kebersihan lingkungan kamar dengan baik.

4. Kamar mandi yang kurang bersih
Kamar mandi juga tidak luput sebagai sumber alergi di rumah. Karena itu kebersihannya juga perlu dijaga. Udara yang lembap dapat memicu alergi dan gangguan pernapasan pada bayi.

5. Selimut
Selimut juga merupakan salah satu barang yang bisa memicu alergi pada anak. Apalagi jika selimut anak dari bahan bulu-bulu yang lembut. Cuci selimut anak secara rutin untuk menghindari alergi atau gunakan selimut yang berbahan lembut seperti bed cover.

So, jangan lupa bershkan barang-barang tersbeut dengan rutin ya Mom!


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi