Terbit: 15 April 2018 | Diperbarui: 16 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak orang tua memilih menempatkan bayinya di boks bayi karena dianggap tempat yang paling aman. Namun ternyata jika tidak diperhatikan dengan baik, boks bayi justru menjadi tempat yang berisiko bagi bayi.

4 Tips Agar Anak Aman Tidur di Boks Bayi

Photo Credit: pexels.com

Tips agar bayi aman berada di boks bayi

Boks bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang multifungsi. Anda bisa meletakkan bayi di boks saat Anda menyelesaikan pekerjaan lain, sekaligus menjadi tempat tidur yang nyaman bagi bayi. Namun penggunaan boks bayi yang kurang tepat juga menyimpan risiko seperti memicu kematian mendadak pada bayi. Nah, apa saja tips agar bayi tetap aman saat berada di boks bayi? Simak ulasannya berikut ini:

1. Berikan alas kasur yang aman
Penting untuk memberikan alas kasur yang empuk dan aman pada boks bayi agar si kecil dapat tidur dengan nyaman di dalamnya. Alas kasur yang terlalu keras juga dapat membuat bayi susah tidur dan berisiko membuat bayi cedera.

2. Kunci boks bayi dengan benar

Boks bayi bisa Anda gunakan hingga bayi berusia 1 tahun atau lebih. Pastikan selalu mengunci boks bayi dengan benar agar pintu boks bayi tidak mudah terbuka.

3. Hindari meletakkan boneka atau mainan besar dari boks bayi
Jika ada boneka, bantal, atau mainan besar yang ada di boks bayi, sebaiknya letakkan dalam posisi berbaring untuk menghindari benda tersebut dapat terjatuh dan menimpa si kecil. Meskipun terbuat dari bahan yang lembut, namun jika benda tersebut terjatuh menimpa bayi dapat menutupi saluran pernapasan sehingga menyebabkan kematian pada bayi. Sebaiknya biarkan boks bayi bebas dari mainan atau benda-benda yang dapat membahayakan kesehatan bayi.

4. Letakkan boks bayi di tempat yang aman

Jika memungkinkan, hindari meletakkan boks bayi di tempat yang aman dari sinar matahari secara langsung karena cahaya matahari dapat menyengat langsung ke arah bayi. Selain itu Anda juga sebaiknya tidak meletakkan boks bayi di sudut kamar yang lembap agar tidak menganggu pernapasan bayi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi