Terbit: 16 Februari 2018 | Diperbarui: 29 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memeriksakan diri ke dokter kandungan bukan hanya dilakukan selama kehamilan. Setelah melahirkan Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk menjaga kesehatan setelah melahirkan. Umumnya 1 minggu setelah melahirkan, dokter akan meminta Anda untuk melakukan kontrol. Apa saja pemeriksaan yang dilakukan dokter?

Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Setelah Melahirkan

Pemeriksaan involusi rahim
Dokter akan melakukan perabaan pada perut untuk mengukur ketingian rahim dan menanyakan apakah masih sering merasakan kontraksi. Kontraksi pada minggu pertama setelah persalinan merupakan hal yang wajar dan baik karena kontraksi ini yang akan membantu rahim untuk kembali ke ukuran semula.

Kondisi perineum
Pada persalinan normal, biasanya perineum, yaitu daerah di antara vagina dan anus mengalami robekan. Robekan ini dapat terjadi secara alami maupun pengguntingan untuk memudahkan keluarnya bayi. Saat konsultasi ke dokter, biasanya dokter akan memeriksa apakah luka di area perineum telah pulih atau terjadi infeksi. Jika terjadi infeksi biasanya ibu akan diberikan antibiotik.

Dokter juga akan mengajarkan Anda untuk merawat dan membersihkan area perineum selama proses pemulihan. Bersihkan perineum dengan cara mencuci tangan sebelum ganti pembalut, lalu bersihkan dengan air hangat saat buang air dan keringkan dengan handuk bersih. Bersihkan dari arah depan ke belakang agar bakteri dari anus tidak terbawa ke vagina.

Pemeriksaan payudara
Saat kontrol, dokter akan memeriksa kondisi payudara Anda, apakah saluran ASI lancar dan tidak tersmubat, apakah proses menyusui lancar dan tidak terjadi mastitis. Jika Anda memiliki kesulitan selama menyusui, Anda juga bisa menanyakannya langsung pada dokter.

Sedangkan pada ibu yang menjalani persalinan caesar, dokter akan memeriksa kondisi jahitan caesar serta melakukan perawatan luka untuk mengantisipasi infeksi. Jika Anda memiliki kesulitan saat BAB/BAK, Anda juga bisa menyampaikannya saat konsultasi.

Setelah 6 minggu persalinan, dokter biasanya akan meminta Anda untuk periksa lanjutan. Pada sesi ini dokter akan melakukan pemeriksaan berat badan ibu, tekanan darah, kondisi payudara, pemeriksaan panggul dan memeriksa jahitan pada perineum. Jika sebelumnya Anda memiliki keluhan konstipasi dan masih berlanjut hingga 6 minggu setelah melahirkan, maka dokter mungkin akan memberikan obat pencahar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi