Terbit: 1 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Keguguran tentunya menjadi salah satu hal yang paling menyedihkan bagi para calon orang tua. Di masyarakat saat ini masih banyak yang percaya beberapa mitos seputar keguguran. Salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan seperti durian, nanas dan beberapa makanan lain. Bagaimana fakta sebenarnya?

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Keguguran, Benarkah?

Durian
Bagi Anda penyuka durian, tentu sulit menahan godaan untuk menyantap durian saat hamil karena beberapa mitos menyebutkan bahwa makan durian saat hamil dapat menyebabkan keguguran. Benarkah mitos tersebut?

Sebenarnya ibu hamil diperbolehkan makan durian asal dalam porsi yang wajar. Perlu diketahui bahwa durian mengandung glukosa, kalori, senyawa asam arachidonat, dan mengandung gas. Jika dikonsumsi berlebihan, durian dapat menyebabkan asam lambung meningkat, hal ini yang dikhawatirkan dapat membuat kondisi pencernaan ibu hamil menjadi terganggu dan merasa tidak nyaman. Karena itu jika ingin mengonsumsi durian, sebaiknya dalam porsi yang sewajarnya saja.

Nanas
Nanas juga merupakan salah satu makanan yang disebut-sebut dapat menyebabkan keguguran. Hal ini diduga disebabkan karena nanas mengandung senyawa bromelin yang dapat melunakkan daging, sehingga dikhawatirkan senyawa ini berbahata bagi janin. Namun sebenarnya kandungan bromelin pada buah nanas sangat kecil sehingga tidak dapat langsung mengakibatkan keguguran. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi nanas saat hamil, sebaiknya makanlah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Nangka
Selain durian dan nanas, nangka juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil muda. Faktanya, sejumlah penelitian medis menyebutkan bahwa nangka ternyata aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nangka mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, beta karoten, kalsium dan berbagai macam mineral yang baik bagi perkembangan janin. Selain itu nangka juga kaya akan serat yang bagi pencernaan ibu hamil.

Namun, nangka sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil jika memiliki alergi pada buah ini atau mengidap diabetes. Kandungan gula yang tinggi pada buah ini dikhawatirkan dapat memperparah kondisi diabetes.

Berdasarkan ulasan di atas, sebaiknya ibu hamil tidak perlu lagi percaya pada mitos penyebab keguguran. Anda tetap dapat menyantap buah kesukaan Anda asal dalam porsi yang wajar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi