Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain kesehatan organ reproduksi pria dan wanita, salah satu faktor yang memengaruhi cepat atau tidaknya hamil adalah kesuburan. Kalau kesuburan meningkat, program kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Bahkan satu bulan setelah menikah, wanita bisa segera mengandung tanpa perlu menunggu lama.

Ingin Lebih Subur dan Segera Dapat Momongan? Konsumsi Ini!

Untuk meningkatkan kesuburan pasangan dan mempercepat proses kehamilan, pasangan yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi penting di bawah ini.

1. Vitamin B6
Vitamin B6 meningkatkan kesuburan wanita dengan mengatur hormon reproduksi. Mengonsumsi makanan dengan Vitamin B6 seimbang membuat siklus menstruasi dan ovulasi pada wanita berjalan dengan lancar. Selain itu, vitamin yang bisa didapatkan pada taoge, gandum, kentang, alpukat, jeruk, dan pisang ini membantu perkembangan sel telur.

2. Zat Besi
Zat besi yang banyak terkandung pada telur, bayam, dan kacang-kacangan mampu menurunkan risiko infertilitas atau tidak subur hingga 40%. Pasangan yang sedang menjalani program kehamilan, khususnya wanita, disarankan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi.

3. Zink
Zink membantu pematangan sel telur dan menjaga cairan di dalam folikel telur sehingga ovum bisa berjalan dan bertemu dengan sperma agar dibuahi. Untuk mendapatkan zink, wanita disarankan untuk mengonsumsi daging sapi, daging kambing, hati, dan tiram.

4. Vitamin E
Vitamin E yang didapat dari biji-bijian, sayuran hijau, almon, dan pepaya bisa membantu mengatur siklus ovulasi pada wanita. Vitamin ini juga meningkatkan produksi lendir di dalam serviks. Saat lendir dalam serviks melimpah, sperma jadi mudah menempel sehingga proses pembuahan bisa terjadi dengan mudah.

5. Kalsium
Saat memulai program kehamilan, mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium tinggi bisa mempercepat pembuahan. Untuk itu, pria dan wanita disarankan untuk banyak mengonsumsi salmon, susu, dan olahan susu.

Selain mengonsumsi makanan di atas, untuk mempercepat program kehamilan, pasangan disarankan untuk rajin berolahraga dan meningkatkan intensitas hubungan badan selama masa subur wanita datang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi