Terbit: 24 January 2019 | Diperbarui: 7 September 2023
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Banyak ibu hamil yang ragu untuk konsumsi buah durian karena takut membahayakan kehamilan. Pasalnya ibu hamil perlu hati-hati dalam memilih makanan. Ketahui fakta seputar konsumsi durian bagi ibu hamil pada artikel berikut ini!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Cek Jawabannya!

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian?

Durian merupakan buah dengan aroma khas yang kuat serta memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. Sebuah durian berukuran sedang memiliki sekitar 885 kalori. Selain itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik tinggi sehingga mampu membuat lonjakan gula darah. 

Selain itu, banyak anggapan bahwa ibu hamil perlu menghindari konsumsi durian karena bisa memicu panas dalam tubuh yang dapat berdampak buruk pada bayi. Namun, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mampu membuktikan hal ini.

Hingga saat ini, belum ada studi yang membuktikan risiko atau efek negatif konsumsi durian bagi kesehatan kehamilan. Sejalan dengan hal ini, belum ada penelitian juga yang menyarankan ibu hamil untuk konsumsi durian. 

Anda boleh saja menikmati durian jika memang sangat ingin memakannya. Namun, tetap ingat untuk konsumsi dalam jumlah secukupnya. 

Namun, Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional disarankan untuk tidak konsumsi durian sama sekali. Kandungan gula yang tinggi dapat membuat kadar gula darah melonjak dan sulit untuk dikontrol. 

Baca JugaAmankah Ibu Hamil Makan Buah Anggur? Cek Penjelasannya

Manfaat Durian bagi Ibu Hamil

Selain lezat, durian memiliki banyak manfaat bagi kehamilan, namun perlu diperhatikan porsi konsumsi durian. Apabila dikonsumsi dalam porsi yang secukupnya, durian mampu memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil yang konsumsi durian, antara lain:

1. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Durian kaya folat. 100 gram durian diketahui dapat memasok 9 persen kebutuhan harian asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk janin bahkan dalam masa awal kehidupannya. 

Asam folat berperan penting untuk tumbuh kembang otak janin dalam kandungan. Tidak hanya itu, folat juga memiliki banyak peran penting untuk tubuh, seperti membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru. Semua manfaat ini penting untuk mendukung kehamilan yang sehat

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Durian adalah sumber serat makanan yang baik. Dapat bertindak sebagai pencahar alami dan mencegah sembelit selama kehamilan. Selama kehamilan, sembelit dapat terjadi sangat sering karena perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Durian mengandung asam amino triptofan, asam amino esensial yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah melatonin dalam tubuh. Hormon ini dibutuhkan untuk membuat tidur lebih nyenyak. 

Selain itu, triptofan dapat dipecah tubuh menjadi serotonin, sebuah zat yang mampu membuat tubuh lebih rileks dan membuat mood menjadi lebih menyenangkan. 

4. Membantu Menjaga Tekanan Darah Normal

Ibu hamil rentan untuk mengalami tekanan darah tinggi. Apabila tidak ditangani dengan tepat maka kondisi ini dapat meningkatkan risiko sakit jantung, penyakit ginjal, serta stroke

Kandungan kalium dalam durian dapat membantu regulasi tekanan darah. Kalium dapat membantu membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga tekanan darah dapat terkontrol. 

Risiko Makan Durian Berlebihan saat Hamil

Meskipun dapat memberikan manfaat kesehatan pada ibu hamil, tetapi sebaiknya hindari konsumsi durian dalam jumlah berlebihan. Pasalnya, konsumsi durian terlalu banyak justru dapat dampak buruk pada kesehatan. 

Beberapa risiko yang dapat terjadi apabila ibu hamil makan durian terlalu banyak, antara lain:

1. Kenaikan Berat Badan Berlebihan

Durian mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam 243 gram daging buah durian, terdapat 357 kkal. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi durian.

Konsumsi kalori terlalu banyak dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini tidak sehat dan dapat memicu berbagai komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, infeksi saluran kemih, diabetes gestasional, serta kelahiran prematur.

Pada beberapa kasus, kelebihan berat badan saat hamil dapat mengganggu proses kerja bius epidural. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memantau asupan kalori saat hamil, termasuk menghindari konsumsi durian secara berlebihan. 

2. Meningkatkan Gula Darah

Semua buah durian, baik yang memiliki rasa sangat manis maupun yang sedikit manis saja ternyata memiliki kadar gula yang tinggi.

Ibu hamil yang terlalu banyak konsumsi gula memiliki risiko bayi lahir terlalu besar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bayi menjadi obesitas saat masa kanak-kanannya. 

Konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat memengaruhi kondisi kesehatan penderita diabetes gestasional. Apabila Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita diabetes, sebaiknya hindari konsumsi makanan manis secara berlebihan. 

Tips Makan Durian bagi Ibu Hamil

Jika makan durian saat hamil, ada beberapa tips cara mengonsumsinya agar aman untuk janin, di antaranya:

  • Makan durian dengan porsi sedikit atau secukupnya
  • Tidak sering makan durian
  • Perbanyak minum air putih setelah makan durian
  • Jangan makan durian yang terlalu matang dan berdaging sangat tebal, karena dapat menyebabkan kolesterol pada ibu hamil.
  • Gunakan rongga kulit durian sebagai cawan air minum untuk menghindari bau mulut dan pusing.

Makan durian saat hamil dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, tetapi ibu hamil harus membatasi jumlah konsumsi untuk menghindari kemungkinan efek negatif durian seperti bayi yang lebih besar dan obesitas.

Baca JugaSimak 9 Manfaat Makan Nangka untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil dengan Kondisi Tertentu Harus Menghindari Durian

Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dalam buah durian mungkin terbukti berbahaya bagi beberapa ibu hamil. Buah durian sebaiknya dihindari ibu hamil yang mengalami kondisi kesehatan tertentu, di antaranya:

  • Wanita hamil dengan diabetes gestasional
  • Wanita hamil dengan riwayat diabetes gestasional sebelumnya
  • Wanita hamil dengan riwayat keluarga diabetes
  • Wanita hamil yang mengalami obesitas
  • Wanita hamil yang secara ketat disarankan untuk tidak menambah berat badan tambahan selain dari apa yang telah direkomendasikan
  • Wanita hamil di trimester ketiga mereka.

Jika Anda ingin makan durian saat hamil, maka konsumsi dalam jumlah secukupnya adalah kunci untuk kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi durian.

Kesimpulannya, makan durian saat hamil aman dan membantu pertumbuhan secara keseluruhan dan kesejahteraan selama kehamilan. Anda bisa memuaskan hasrat akan durian tetapi batasi porsinya. Selalu konsultasikan dan ikuti saran dokter Anda untuk menghindari komplikasi kehamilan akibat makan durian.

  1. Mrunal. 2020. Consuming Durian Fruit in Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/durian-fruit-for-pregnancy-is-it-safe/. (Diakses pada 7 Agustus 2023). 
  2. OASH. 2021. Folic Acid. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/folic-acid. (Diakses pada 7 Agustus 2023). 
  3. Saha, Ria. 2023. 7 Amazing Health Benefits Of Eating Durian During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-eating-durian-during-pregnancy_00363658/. (Diakses pada 7 Agustus 2023). 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi