Terbit: 21 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sirih cina atau peperomia pellucida adalah tanaman herbal yang biasa tumbuh liar di halaman. Siapa sangka, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

Dianggap Gulma, Ini 10 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Kandungan Sirih Cina

Sirih cina juga disebut ketumpang air atau tumpang air adalah tanaman tropis yang sering digunakan untuk membuat formula herbal dan teh. Berikut ini berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya:

  • Kalium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Sodium.
  • Zinc.
  • Tembaga.
  • Protein.
  • Lipid.
  • Karbohidrat.

Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Seluruh bagian dari tumpang air dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah maupun dimasak. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat memberikan manfaat untuk mengobati masalah kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengobati rheumatoid arthritis

Karena sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya, tanaman ini dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis. Cobalah untuk merebus semua bagian tanaman ini untuk mendapatkan sarinya.

Air rebusan dapat Anda minum pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Namun, harus berhati-hati karena mengonsumsinya akan langsung menimbulkan reaksi.

2. Melawan radikal bebas

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak sirih cina berfungsi menjadi penangkal radikal bebas terkuat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tanaman ini merupakan sumber alami yang baik untuk terapi antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu menghambat proses oksidasi, yaitu reaksi kimia yang dapat menghasilkan pembentukan radikal bebas. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

3. Membantu pertumbuhan rambut

Dalam sebuah penelitian, gel topikal dengan kandungan ekstrak etanol dari Peperomia pellucida secara signifikan meningkatkan panjang bulu hewan. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini berpotensi sebagai formulasi topikal untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Efek tersebut muncul karena ekstrak tanaman Peperomia pellucida mengandung komposisi mineral tinggi yang terdiri dari kalium, kalsium, dan zat besi sebagai elemen utamanya. Kandungan ini menjadi sumber protein, energi, serta mikronutrien yang mendukung pertumbuhan rambut.

4. Menurunkan asam urat

Sebuah penelitian mengungkapkan, tikus yang diberi ekstrak peperomia pellucida menunjukkan penurunan kadar asam urat dalam darahnya sekitar 44%, sedangkan tikus yang diberi obat allopurinol menunjukkan penurunan kadar asam urat 66%.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif allopurinol (obat penurun asam urat) untuk mengontrol kadar asam urat.

5. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang lebih tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan, termasuk penyakit arteri perifer, stroke, dan serangan jantung.

Oleh sebab itu, penting untuk mengambil langkah dalam menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi air rebusan dari tanaman sirih cina.

6. Mengatasi depresi

Manfaat sirih cina kemungkinan bisa membantu mengatasi depresi. Dari penelitian yang dilakukan di Bangladesh, tikus yang diberikan ekstrak tanaman ini menunjukan adanyak aktivitas depresan. Ini tergantung dosis yang membantu untuk pengobatan gangguan kegembiraan mental yang berlebihan.

7. Antibakteri yang kuat

Tumpang air dapat digunakan untuk mencegah penyebaran bakteri. Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun dan batang tanaman ini terbukti dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan dimanfaatkan untuk aktivitas penangkal radikal bebas.

8. Meningkatkan libido pria

Disfungsi ereksi atau penurunan libido dapat disebabkan oleh penyakit diabetes. Ini karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan perubahan pada tubuh yang kemudian mengganggu saraf dan pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak dari tanaman tumpang air secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar glukosa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak tumpang air berkhasiat sebagai antihiperglikemik.

Sementara kandungan piperin pada tanaman ini diduga berperan dalam pemulihan libido pada pria.

9. Meningkatkan kesuburan pria

Sifat antidiabetes dan antihiperglikemik dari tanaman ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Hal ini karena diabetes tidak hanya menurunkan libido, tetapi juga dapat menurunkan kesuburan pada pria.

10. Mencegah penyebaran sel kanker

Sirih cina memiliki zat Peperomin E yang telah terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker.  Selain itu, khasiat ekstrak tanaman ini juga telah terbukti menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri, dan melawan radikal bebas.

Baca Juga: 17 Tanaman Herbal Pembunuh Virus Paling Ampuh

Cara Membuat Air Rebusan Sirih Cina

Tanaman ini akan efektif apabila dikonsumsi dalam bentuk air rebusan atau teh. Berikut ini cara membuatnya:

  1. Cuci bagian tanaman sampai bersih, termasuk akar, batang, dan daun.
  2. Potong-potong menjadi beberapa bagian.
  3. Rebus dalam 4 gelas air selama 10-15 menit sampai tersisa 1 gelas.
  4. Setelah hangat, saring untuk menyisakan air rebusan.
  5. Minumlah setengah cangkir air rebusan tiga kali sehari.

Meskipun khasiat sirih cina bagus untuk berbagai masalah kesehatan, namun klaim tersebut belum sepenuhnya terbukti secara klinis, sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

  1. Anonim. Health benefits of Shiny Bush ~ Peperomia pellucida. https://www.healthbenefitstimes.com/shiny-bush/. (Diakses pada 21 Juli 2022)
  2. Anonim. 2016. Pansit-pansitan (Peperomia pellucida) Herbal Medicine. http://www.medicalhealthguide.com/articles/pansit-pansitan.htm. (Diakses pada 21 Juli 2022)
  3. Kanedi, Mohammad. 2022. Pharmacological benefits of plant extract of Peperomia pellucida growing wild in Suburb of Bandar Lampung, Indonesia. https://zenodo.org/record/6349976#.YtjJmnZBzIW. (Diakses pada 21 Juli 2022)
  4. Ubaid. 2021. Health Benefits of Shiny Bush (Peperomia pellucida). https://letsgoforhealthylive.com/shiny-bush/. (Diakses pada 21 Juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi