Terbit: 17 Juni 2022 | Diperbarui: 21 Juni 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bekam adalah pengobatan alternatif yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya membuang racun. Yuk, cek daftar manfaat lainnya dan kemungkinan efek sampingnya dalam penjelasan di bawah ini!

11 Manfaat Bekam untuk Kesehatan, Buang Racun hingga Usir Jerawat

Apa itu Bekam?

Bekam adalah terapi kuno dalam pengobaan Cina dan Timur Tengah yang sudah diaplikasikan sejak ribuan tahun lalu. Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan penyumbatan dan merangsang aliran qi.

Qi adalah aliran bebas energi vital yang beredar di seluruh tubuh. Apabila qi terganggu maka dapat menimbulkan penyumbatan dan ketidakseimbangan tubuh.

Cara kerja terapi bekam dengan menggunakan cawan atau cangkir khusus untuk menghasilkan kekuatan isap dan menarik kulit ke atas sehingga membuka pembuluh darah kecil (kapiler) di bawah kulit.

Kekuatan isap tersebut akan menarik darah kental yang mengandung racun. Cawan biasanya ditempatkan di titik akupunktur tertentu, seperti di punggung, perut, lengan, kaki, atau bagian lain dari tubuh.

Jenis Bekam

Ada beberapa jenis bekam yang memiliki masing-masing tujuan pengobatan. Cangkir khusus untuk terapi ini juga memiliki beberapa jenis. Paling umum digunakan adalah cangkir yang terbuat dari kaca.

Berikut ini beberapa jenis bekam:

1. Bekam kering

Jenis ini juga disebut bekam klasik atau api. Terapi  dilakukan dengan menempatkan cangkir di atas titik akupunktur. Cangkir dibiarkan di mana saja selama 5-20 menit tergantung pada kondisi pasien. Perawatan umum melibatkan 4-6 sesi dengan interval mulai dari jeda 3-10 hari.

2. Bekam basah

Terapi ini menggabungkan teknik akupunktur yang disebut pendarahan dengan bekam. Sebuah lanset (jarum khusus) digunakan untuk menusuk kulit sebelum cangkir diterapkan, hal ini memungkinkan sedikit darah mengalir dari titik akupunktur. Perawatan ini dianggap menghilangkan racun dari dalam tubuh.

3. Bekam geser

Teknik cangkir geser secara tradisional dilakukan pada kelompok otot besar di punggung untuk mengobati nyeri dan kejang otot. Minyak pijat dioleskan pada kulit sebelum cangkir ditempatkan pada titik akupunktur, yang memungkinkan cangkir meluncur dengan mudah di atas permukaan kulit.

4. Bekam udara

Alternatif dari bekam api ini dilakukan dengan pompa isap genggam untuk mengeluarkan udara dari cangkir, yang menghasilkan ruang hampa udara tanpa panas. Beberapa penelitian klinis dari China menunjukkan inovasi teknologi bekam ini lebih nyaman.

Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Sebagian besar orang menggunakan terapi ini untuk meredakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit. Beberapa orang mengatakan bahwa pengobatan alternatif ini juga membantu masalah kesehatan kronis.

Berikut ini sejumlah klaim manfaat bekam untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan peredaran darah

Daya isap dari cangkir mampu meningkatkan sirkulasi darah ke area di mana cangkir ditempatkan. Aliran darah tambahan ke area itu bisa membantu meredakan ketegangan otot dan akan meningkatkan perbaikan sel. Meningkatkan sirkulasi darah dengan terapi ini juga akan membantu mengurangi munculnya selulit.

2. Membuang racun

Gaya hidup modern dapat membebani tubuh dengan racun. Untungnya, tubuh memiliki organ yang mengeluarkan racun dari darah.

Manfaat bekam dapat memungkinkan tubuh melepaskan racun-racun tersebut. Aliran darah yang berfokus membantu tubuh dengan membuang racun yang menumpuk melalui sistem limfatik. Sistem limfatik bertanggung jawab untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh.

3. Meredakan nyeri lebih cepat

Bekam mampu meredakan nyeri akibat radang sendi hingga nyeri punggung bawah. Bentuk nyeri lain yang bisa diobati secara efektif dengan bekam termasuk sakit kepala, migrain, sakit gigi, nyeri otot, dan linu panggul.

Seseorang yang mengalami radang sendi juga bisa mencoba terapi ini karena dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mobilitas.

4. Mengatasi hidung tersumbat dan asma

Penyumbatan di saluran pernapasan (penumpukan cairan atau dahak di paru-paru) yang disebabkan oleh pilek, bronkitis, atau bahkan asma dapat diobati dengan terapi bekam. Daya isap dari cangkir dipercaya mampu meredakan penyumbatan karena membawa darah dan getah bening yang kaya oksigen ke paru-paru dan otot-otot pernapasan yang lain.

Cangkir ini biasanya diletakkan di punggung, tetapi mungkin juga diletakkan di dada. Seorang terapis mungkin membiarkan cangkir di tempatnya, atau dengan lembut menggesernya ke atas untuk memfasilitasi pergerakan cairan getah bening. Bekam wajah juga dapat digunakan untuk membantu membuka sumbatan pada sinus.

5. Mengurangi kecemasan

Ketika terapis menggeser cangkir di titik bekam, sistem saraf parasimpatis terlibat. Sistem saraf parasimpatis bertanggung jawab untuk memperlambat detak jantung, sehingga membantu pencernaan, dan meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar.

6. Mengatasi varises dan spider veins

Kondisi ini terjadi ketika katup di dalam vena tidak berfungsi dengan baik karena katup tidak secara efektif mendorong darah dari otot kembali ke jantung. Hal ini membuat darah tersumbat dan vena terpuntir serta menonjol.

Terapi ini dipercaya membawa aliran darah segar dan oksigen kembali ke bagian tubuh yang bermasalah. Varises akan tampak lebih ringan setelah sesi pertama terapi, meskipun akan membutuhkan serangkaian sesi untuk hasil yang bertahan lama. Biasanya hanya bekam kering untuk mengatasi varises.

Baca Juga: 9 Pijatan untuk Sakit Kepala, Redakan Gejala dalam Sekejap!

7. Mengurangi tampilan stretch mark dan bekas luka

Peningkatan aliran darah memungkinkan tubuh membuang racun, sehingga mengembalikan sirkulasi limfatik dan membantu menghilangkan edema (kelebihan cairan), yang pada akhirnya membantu mengurangi munculnya jaringan parut alias bekas luka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa efek positif dari bekam pada stretch mark dan bekas luka, bahkan di area yang jauh dari area di mana cangkir diterapkan.

8. Mengatasi penyumbatan usus besar

Khasiat bekam dapat membantu melibatkan sistem saraf parasimpatis, sehingga meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan. Titik bekam di atas perut juga merangsang bagian dalam organ pencernaan. Hal ini membantu dalam gerak peristaltik (kontraksi yang mendorong makanan melalui saluran pencernaan), sehingga memberikan manfaat seperti:

  • Membersihkan penyumbatan usus besar.
  • Mendorong darah dan cairan tubuh untuk bergerak melalui organ.
  • Membantu meringankan gangguan pencernaan.

9. Mengatasi sindrom kelelahan kronis

Dalam hiruk-pikuk pekerjaan, mungkin hanya ada sedikit waktu untuk beristirahat. Bahkan jika mendapatkan waktu untuk istirahat fisik, mungkin Anda secara mental dibebani dengan gangguan digital seperti smartphone, laptop, dan lainnya.

Semua itu dapat menyebabkan sindrom kelelahan kronis. Ini bisa menjadi bentuk kelelahan yang berkepanjangan. Terapi bekam adalah pengobatan yang efektif untuk kondisi tersebut.

10. Usir jerawat

Biasanya kesehatan kulit secara langsung mencerminkan apa yang terjadi di dalam tubuh. Jika ada masalah kulit, bekam bisa meningkatkan aliran darah di kulit dan dengan demikian meningkatkan suplai oksigen serta nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

Terapi ini juga membantu dalam mengurangi munculnya jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti eksim hingga selulit. Selain itu, bekam juga membantu memperlancar aliran darah dan menghilangkan zat beracun di permukaan kulit.

11. Mempercepat penyembuhan

Menggunakan terapi bekam dapat meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh tertentu yang membutuhkan penyembuhan. Peningkatan aliran darah dan energi akan menyebabkan penyembuhan lebih cepat. Bagi kebanyakan orang, bekam adalah terapi yang sangat menyenangkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Terapi Ikan dan Bahayanya bagi Kesehatan

Apakah Bekam Menimbulkan Efek Samping?

Bekam adalah terapi yang cukup aman selama Anda mengunjungi ke terapis yang terlatih. Tetapi Anda dapat mengalami efek samping di area di mana cangkir menyentuh kulit, berikut di antaranya:

  • Ketidaknyamanan ringan.
  • Luka bakar.
  • Memar.
  • Infeksi kulit.

Jika cangkir, jarum, dan peralatan lainnya terkontaminasi darah dan tidak disterilkan dengan benar, penyakit yang ditularkan melalui darah adalah hepatitis B dan C dapat menular. Oleh karena itu, pastikan menggunakan alat yang steril.

Nah, itulah penjelasan mengenai terapi bekam yang memberikan manfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2019. 7 Surprising Benefits of Cupping Massage. https://resolution.health/2019/04/24/surprising-benefits-of-cupping-massage/. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  2. Ansorge, Rick. 2020. Cupping Therapy. https://www.webmd.com/balance/guide/cupping-therapy. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  3. Anonim. 2020. Cupping. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/16554-cupping. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  4. La Mar, Cristina R. 2020. 7 Powerful Health Benefits of Cupping. https://www.sevenpointwellness.com/post/7-powerful-health-benefits-of-cupping. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  5. Marcin, Ashley dan Crystal H. 2021. What Is Cupping Therapy?. https://www.healthline.com/health/facial-cupping#facial-vs-body-cupping. (Diakses pada 17 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi