Terbit: 19 Juni 2019 | Diperbarui: 24 Mei 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com –  Apapun jenisnya, sayur tetap saja menjadi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Mengonsumsi sayur adalah cara terbaik dan termudah bagi Anda untuk senantiasa menjaga agar tubuh sehat, bugar, dan bebas penyakit. Ada satu jenis sayur yang mungkin masih asing di telinga, yaitu arugula. Apa itu arugula? Apa manfaat arugula bagi kesehatan?

10 Manfaat Arugula bagi Tubuh (Pria Wajib Tahu)

Apa Itu Arugula?

Arugula adalah nama yang disematkan pada sejenis tanaman sayuran dari keluarga Brassicaceae. Arugula yang memiliki nama ilmiah Eruca sativa ini memiliki rupa yang sekilas mirip dengan tanaman sayur yang sudah tidak asing lagi, yakni sayur bayam atau kangkung. Akan tetapi, bentuk daun arugula memang lebih menyirip ketimbang ‘kembarannya’ tersebut.

Arugula, atau yang kerap disebut juga dengan sejumlah nama lain seperti rucola, rucoli, ruguli, dan selada Italia ini umumnya tumbuh di dataran yang banyak terdapat humus dengan kadar pH sekitar 6 – 6,8. Menariknya, arugula dapat tumbuh optimal jika dibarengi dengan penanaman selada atau kacang polong. Selain daunnya, biji dan bunga arugula juga bisa dimanfaatkan untuk memproduksi minyak esensial.

Manfaat Arugula bagi Kesehatan

Popularitas arugula mungkin belum sebesar jenis sayuran lainya seperti bayam, sawi, kangkung, atau daun katuk. Padahal, arugula memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah besar ketimbang sayur-sayur tersebut. Pasalnya, arugula juga diperkaya oleh sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Natrium
  • Lemak
  • Asam folat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar manfaat arugula bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah terjadinya penuaan dini adalah salah satu manfaat arugula yang paling utama. Mengonsumsi arugula secara rutin dipercaya efektif menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit serta mencegahnya dari kerutan dan flek hitam sebagai tanda-tanda dari penuaan dini.

Khasiat arugula ini tak lepas dari kandungan senyawa carotenoid—dalam hal ini zeaxanthin dan lutein—di mana senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Dengan begitu, kulit akan terbebas dari serangan radikal bebas yang memicu terjadinya penuaan dini. Pun kencang dan kenyalnya kulit adalah ‘hasil kerja’ dari vitamin A dan vitamin C.

2. Mengatasi Peradangan Kulit

Arugula juga mengandung senyawa organosulfur, yang mana senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat arugula untuk mencegah dan mengatasi pelbagai permasalahan kulit yang dipicu oleh adanya peradangan (inflamasi), seperti eksim.

Apabila Anda mengalami penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan seperti eksim yang ditandai dengan sejumlah gejala antara lain kulit ruam kemerahan, gatal, dan pecah-pecah, mengonsumsi arugula bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Mengatasi Psoriasis

Berbicara mengenai manfat arugula untuk kesehatan kulit seakan tiada habisnya. Kali ini, arugula diklaim dapat mengobati penyakit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan cepatnya reproduksi sel-sel kulit, penumpukan sel-sel kulit, dan timbul bercak berwarna keperekan pada kulit.

Khasiat arugula yang satu ini dihasilkan oleh kandungan zat yang bernama methylthiobutylisothiocyanate, di mana zat tersebut berfungsi untuk menghambat laju pertumbuhan zat yang berperan dalam menyusun struktur, rambut, kulit, dan juga kuku bernama keratinosit sehingga psoriasis dapat teratasi.

4. Merawat Mata

Sebagai organ vital, mata tentu saja harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi sayur arugula.

Manfaat arugula dalam merawat mata ini oleh karena sayur yang kerap dijadikan topping pizza atau campuran salad tersebut mengandung nutrisi dan vitamin yang berkaitan dengan kesehatan fungsi mata, yakni beta karoten, vitamin A, dan vitamin K. Ketiganya bertugas sebagai antioksidan yang akan menghalau radikal bebas untuk menyerang mata, terutama pada bagian retina.

5. Merawat Tulang

Seperti yang sudah disebutkan di awal, arugula juga merupakan sumber vitamin K. Sebagaimana diketahui, vitamin K memiliki manfaat utama untuk merawat kesehatan tulang dan mencegahnya dari sejumlah penyakit tulang, seperti pengeroposan tulang (osteoporosis).

Selain vitamin K, sayur arugula juga diperkaya dengan zat mineral berupa kalsium. Lagi-lagi, kalsium adalah varian mineral yang juga memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan merawat tulang agar tetap sehat, pun kuat.

6. Merawat Kesehatan Jantung

Sama halnya seperti sayuran pada umumnya, arugula juga memiliki manfaat yang terkait dengan kesehatan jantung. Konsumsi sayur arugula secara rutin diklaim efektif merawat kesehatan fungsi jantung dan meminimalisir organ vital yang satu ini mengalami masalah yang bisa saja berujung pada kematian.

Manfaat arugula yang satu ini tak lepas dari kandungan vitamin C dan vitamin K di dalamnya, yang mana keduanya memang memiliki fungsi untuk menjaga jantung agar senantiasa berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Daun dan biji arugula telah lama dipercaya oleh pria-pria di Timur Tengah sebagai ‘obat kuat’ untuk meningkatkan performa mereka di atas ranjang.

Manfaat arugula untuk meningkatkan gairah seks pria ini bahkan telah diamini oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal milik Al-Nahrain University. Studi tersebut menemukan fakta bahwa arugula efektif dalam menambah produksi hormon testosteron, pun kualitas dan kuantitas sperma. Jadi, selain menambah gairah, konsumsi arugula juga bisa meningkatkan kesuburan pria.

8. Mengatasi Kanker

Jika mungkin Anda mengenal brokoli sebagai ‘obat’ kanker, maka perlu diketahui bahwasanya arugula juga memiliki manfaat yang sama, yakni mencegah dan mengatasi pertumbuhan sel kanker, utamanya kanker paru dan kanker usus besar.

Manfaat arugula yang didapat dari kandungan zat antioksidan di dalamnya yang berfungsi untuk mencegah serangan radikal bebas sebagai pemicu kanker. Selain itu, arugula juga diperkaya dengan zat sulforaphane, yang mana zat ini bertugas untuk menghambat pertumbuhan Histone Deacetylase (HDAC), enzim yang diduga turut andil dalam membantu pertumbuhan sel kanker.

9. Meningkatkan Kualitas Autoimun

Arugula mengandung vitamin A dan vitamin C dalam jumlah yang bisa dikatakan tinggi. Vitamin A berfungsi untuk merawat fungsi dari sistem kekebalan tubuh, pun memastikan pertumbuhan sel berjalan dengan baik.

Sementara itu, vitamin C merupakan agen antioksidan yang efketif untuk melindungi tubuh dari kerusakan jaringan tubuh akibat serangan radikal bebas. Mengonsumsi arugula dengan rutin akan membuat tubuh mendapatkan manfaat dari kedua vitamin tersebut. Efeknya, sistem autoimun Anda akan semakin tangguh.

10. Melancarkan Pertumbuhan Janin

Bagi Anda para ibu hamil, mengonsumsi arugula sangat dianjurkan guna membantu kelancaran tumbuh kembang janin yang tengah dikandung.

Manfaat arugula untuk melancarkan pertumbuhan janin diperoleh dari kandungan vitamin B dan asam folat yang dikandung sayuran hijau ini. Kedua zat tersebut dipercaya efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan DNA dan elemen-elemen genetik lainnya pada janin.

Nah, itu dia sejumlah manfaat sayur arugula yang perlu Anda ketahui. Sama seperti jenis sayur lainnya, Anda bisa mengolah arugula menjadi hidangan berkuah atau salad yang tentunya lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi