Terbit: 30 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Minyak melati adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak bunga melati. Selain populer digunakan sebagai parfum karena aromanya yang manis dan romantis, melati juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apa saja manfaat minyak melati bagi tubuh? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

9 Manfaat Minyak Melati, Atasi Depresi hingga Insomnia

Manfaat Potensial Minyak Melati bagi Kesehatan

Minyak melati adalah salah satu minyak esensial yang sering digunakan sebagai perawatan rumahan dan diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun tidak semua manfaatnya terbukti secara ilmiah, beberapa orang telah merasakan manfaatnya.

Berikut adalah berbagai khasiat minyak melati, di antaranya:

1. Mengurangi Depresi

Sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak melati atau jasmine essential oil dapat secara efektif mengurangi gejala depresi. Bahkan, minyak ini juga dipercaya dapat meningkatkan saturasi oksigen darah, laju pernapasan, dan tekanan darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa efek stimulasi minyak esensial ini dapat berguna untuk meningkatkan suasana hati. Saat menghirup aroma minyak ini, partisipan dalam penelitian melaporkan merasa lebih positif, energik, dan romantis.

Anda dapat menuai manfaat untuk kesehatan mental dengan mencampurkannya ke dalam minyak pijat, diffuser, atau dengan menghirupnya langsung dari botol.

2. Membunuh Bakteri

Minyak melati yang terbuat dari berbagai spesies tanaman dipercaya memiliki sifat antibakteri. Efek antiseptiknya telah dipelajari secara ekstensif dan ditemukan mampu melawan berbagai bakteri.

Sebuah studi menemukan bahwa minyak melati yang berasal dari tanaman Jasminum sambac serta campuran sintetisnya, menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap satu strain E. coli.

Dalam studi lain, minyak esensial ini menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap beberapa mikroorganisme mulut, termasuk L. casei dan S. mutans.

Selain itu, minyak ini juga bekerja sebagai agen antimikroba terhadap semua jenis Candidiasis, infeksi jamur yang menyebabkan sariawan.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Terdapat sedikit bukti ilmiah yang mendukung khasiat minyak melati sebagai afrodisiak. Seperti penjelasan sebelumnya, menghirup aroma melati atau menggunakannya dalam pijat dapat meningkatkan suasana hati dan telah dilaporkan meningkatkan perasaan romantis, positif, serta tingkat energi. Beberapa hal ini secara teori bisa mendukung aktivitas seks.

Sementara itu, efek stimulannya pada gelombang otak dapat membuat seseorang lebih waspada terhadap isyarat seksual dan mungkin dapat meningkatkan aliran darah ke penis. Cobalah oleskan sedikit minyak di leher, panas yang dihasilkan tubuh akan meningkatkan aroma melati.

4. Mencegah Infeksi

Kandungan yang terdapat di dalam minyak melati seperti benzaldehyde, benzoic acid, dan benzyl benzoate, memiliki potensi germicidal, bakterisida, fungisida, antimikroba, dan sifat antivirus.

Saat diterapkan secara eksternal pada luka, minyak ini dapat secara efektif menghilangkan potensi infeksi dari tetanus. Saat dihirup, minyak ini dapat dapat mengurangi infeksi pada sistem pernapasan.

5. Memudarkan Bekas Luka

Apakah Anda khawatir tentang bekas luka yang ditinggalkan oleh bisul, jerawat, atau luka lainnya? Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan minyak melati.

Selain itu, minyak esensial ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks pada ibu hamil.

6. Mengurangi Batuk

Sifat ekspektoran potensial dari minyak esensial melati dapat membantu Anda tidur di malam hari lebih nyenyak, bahkan saat sedang menderita batuk atau pilek. Selain itu, aroma minyak esensial ini dapat membantu mengeluarkan dahak di saluran pernapasan.

Menggunakannya sebelum tidur dapat menjauhkan Anda dari batuk atau mendengkur sepanjang malam.

7. Memperlancar Laktasi

Minyak esensial melati dipercaya dapat meningkatkan sekresi susu dari payudara dan oleh karena itu sangat baik untuk ibu yang menyusui dan bayi yang baru lahir.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Mawar bagi Kesehatan (Kandungan Alami)

8. Meredakan Kejang

Manfaat minyak melati lainnya adalah dipercaya mampu mengobati dan meredakan kejang. Aromanya dapat memberikan bantuan cepat untuk kondisi seperti spasmodic croup, kram, kesulitan bernapas, hingga kolera spasmodik.

Selain itu, minyak ini juga dipercaya meredakan kram usus dan nyeri akibat kejang di bagian lain dari tubuh. Kejang bisa berbahaya, mengganggu, dan bahkan mematikan, jadi zat apa pun yang dapat meringankan kondisi ini penting digunakan.

9. Mengatasi Insomnia

Beragam sifat yang dimiliki minyak melati membuatnya menjadi pendorong agar seseorang mendapatkan tidur yang panjang, nyenyak, dan tanpa gangguan. Berbagai sifat yang dimilikinya ini dapat membantu seseorang menikmati tidur malam yang nyenyak.

Dengan mengurangi tanda-tanda insomnia dan sulit tidur, Anda bisa menjadi lebih produktif di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 2021. 13 Top Benefits & Uses Of Jasmine Essential Oil. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-jasmine-essential-oil.html. (Diakses pada 30 Desember 2021).
  2. Santos-Longhurst, Adrienne. 2018. Everything You Need to Know About Jasmine Essential Oil. https://www.healthline.com/health/jasmine-essential-oil. (Diakses pada 30 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi