Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 26 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Berat badan kembali seperti sebelum hamil tentu menjadi impian banyak ibu, ya? Namun saat menyusui kebutuhan kalori dan gizi ibu tetap tinggi. Untuk itu penurunan berat badan ibu menyusui harus dikontrol agar turunnya berat badan tidak memengaruhi produksi dan jumlah ASI.

Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

Dietitian Eileen Behan menyebutkan bahwa penurunan berat badan ibu selama 6 bulan pemberian ASI eksklusif tidak boleh melebih 0,5 kilogram dalam 1-2 minggu.

Sehingga maksimal ibu hanya boleh menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam satu bulan. Hal ini tentu saja untuk mendukung pemberian ASI eksklusif agar tetap berjalan lancar.

Untuk itu beberapa cara yang bisa dilakukan agar ibu dapat menurunkan berat badan selama menyusui adalah:

1. Memilih makanan rendah kalori dan lemak

Ibu tidak dianjurkan mengurangi porsi kebutuhan makan saat menyusui. Jumlah dan frekuensi makan ibu harus sesuai perhitungan kebutuhannya. Agar berat badan bisa turun maka pilih makanan yang rendah kalori dan rendah lemak. Misalnya susu, keju dan yoghurt rendah lemak, konsumsi daging bagian tanpa lemak dan hindari konsumsi kulit unggas. Serta tidak perlu menambahkan gula atau cokelat berlebihan untuk makanan atau minuman camilan.

2. Konsumsi makanan tinggi serat untuk penuhi kebutuhan

Tetap penuhi kebutuhan energi dengan mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi serat, misalnya oatmeal atau whole grain. Pastikan asupan harian serat dari buah dan sayur tercukupi. Serta pilih makanan kacang-kacangan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan protein tubuh. Serat yang cukup akan mendukung tubuh merasa lebih kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

3. Menggunakan lemak nabati

Gunakan lemak dari kacang atau biji-bijian untuk olahan masakan. Usahakan gunakan margarin agar asupan lemak tidak jenuh bisa berkurang. Hal ini baik untuk mendukung kesehatan dan asupan lemak tubuh ibu.

4. Mencukupi kebutuhan cairan

Unsur utama dari ASI adalah air, untuk itu usahakan ibu agar minum cukup selama masa menyusui. Hal ini tidak hanya mendukung produksi ASI yang baik namun juga mampu mendukung pencernaan ibu yang lancar.

Dengan melakukan empat tips diatas, berat badan ibu bisa turun tanpa harus memengaruhi produksi ASI, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi