Terbit: 2 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Diet rendah karbohidrat kini sudah cukup banyak dikenal orang. Umumnya prinsip diet ini diterapkan pada beberapa diet yang cukup hits sepert diet keto. Namun ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin menerapkan diet rendah karbohidrat.

3 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat cenderung lebih dilihat manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Hal ini wajar karena cukup banyak bukti kilnis yang mendukung bahwa penerapan diet rendah karbohidrat mampu menurunkan berat badan. Namun kita sebaiknya tidak buru-buru menerapkan diet ini untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yaitu:

1.Ketahui kebutuhan energi harian tubuh

Diet rendah karbohidrat termasuk diet rendah kalori yang apabila akan diterapkan kita harus benar-benar memperhatikan berapa angka kebutuhan energi tubuh kita.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Yale University School of Public Health Inggris pengurangan asupan energi dalam penerapan diet rendah karbohidrat tidak boleh lebih angka kebutuhan yang direkomendasikan oleh Institute of Medicine yaitu 45%.

2. Diet rendah karbohidrat tidak berfokus pada penurunan berat badan

Masih berdasarkan sumber yang sama dengan poin diatas, diet rendah karbohidrat diterapkan untuk mendapatkan manfaat utama dari diet ini yaitu mengurangi risiko terjadinya penyakit akibat asupan karbohidrat yang berlebihan.

Jika ingin mendapatkan manfaat lain berupa penurunan berat badan, maka penurunan berat badan yang didapatkan adalah secara bertahap.

3.Memerhatikan asupan jenis bahan makanan lain

Perlu diingat kembali, diet ini merupakan diet rendah kalori namun bukan berarti kita tidak mengonsumi kalori untuk tubuh sama sekali. Asupan makanan dari sumber bahan makanan selain karbohidrat harus terpenuhi.

Dalam diet ini diutamakan bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan misalnya sayur buah dan protein nabati. Protein hewani perlu diperhatikan jenisnya yang rendah lemak.

Diet rendah karbohidrat kerap dianggap diet yang cepat untuk menurunkan berat badan. Namun dalam penerapannya tetap harus diperhatikan beberapa hal di atas agar keberhasilan diet tercapai.

Nah, selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi