Terbit: 24 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Liburan adalah waktu yang pas untuk bersantai di rumah. Biasanya, selama liburan kita hanya menghabiskan waktu di atas tempat tidur sambil menonton TV, makan makanan kesukaan, tidur, dan lain sebagainya. Tanpa sadar, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan kita selama liburan.

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Liburan

Walaupun serasa bagai di surga, namun kebiasaan tersebut akan merugikan diri kita sendiri, terutama bagi tubuh. Pasalnya, tubuh tanpa aktivitas fisik dan hanya makan tidur saja dapat menimbulkan masalah seperti kenaikan berat badan secara drastis. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan tetap menjaga pola makan untuk mencegah kenaikan berat badan selama liburan. Berikut adalah beberapa tips menjaga berat badan tetap stabil selama liburan, diantaranya:

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Ketika liburan, Anda tentu akan memesan semua makanan favorit untuk dimakan sambil bersantai menikmati acara TV seperti keripik, cake, serta camilan lainnya yang mengandung kalori tinggi. Walaupun hanya berupa camilan atau makanan ringan, makanan tersebut justru akan membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, gantilah camilan Anda selama liburan dan konsumsilah banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung kalori rendah. selain itu, sayuran dan buah-buahan juga mengandung nutrisi tinggi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Makan Lebih Awal

Kapan lagi Anda bisa bangun siang kalau bukan saat liburan? Selama liburan, Anda tentu bebas ingin bangun jam berapapun. Terkadang, kebiasaan itu seringkali membuat Anda mengabaikan sarapan. Sehingga,secara tidak langsung Anda akan makan banyak di siang hari. sebaiknya, biasakan diri untuk makan lebih awal agar Anda bisa lebih mudah mengendalikan diri untuk menyantap makanan lebih banyak di siang hari, sehingga asupan kalori bisa terkontrol. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan oatmeal agar Anda bisa kenyang lebih lama.

3. Tetap Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang wajib dilakukan setiap hari, walau selama liburan. Olahraga tidak harus lama dan berat, cukup berolahraga ringan saja di rumah seperti work out 7 menit, senam, atau hanya sekedar jalan kaki mengelilingi komplek rumah. yang terpenting adalah tubuh tetap bergerak aktif agar kalori dan lemak di dalam tubuh bisa terbakar secara sempurna.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi