Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 18 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Jika Anda adalah seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, langkah apa saja yang telah Anda lakukan? Apakah Anda sudah menjalankan program diet secara benar? Dan apakah Anda sudah melakukan olahraga secara teratur?

Mengenal Asam Gelugur, Buah yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Jika semua hal tersebut sudah Anda lakukan, namun tidak kunjung mendapat hasil. Ada baiknya Anda mengetahui kabar baik ini. Kabar baik tersebut datang dari buah yang cukup asing dan jarang ditemukan, yakni Asam Gelugur.

Asam Gelugur merupakan buah yang berasal dari Negara tetangga, Malaysia. Diyakini buah ini mengandung banyak khasiat yang baik untuk kebugaran tubuh, khususnya bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Asam Gelugur memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, seperti vitamin, mineral serat hidroksi sitrik, malic, tartaric, serta ascorbic. Seluruh kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Sampai saat ini, Asam Gelugur biasa dikonsumsi oleh wanita Malaysia dalam proses penurunan berat badan. Menurut mereka, Asam Gelugur bisa mengusir kolesterol jahat serta lemak di dalam tubuh sehingga obesitas pun dapat dihindari.

Bahkan, tidak sedikit tim medis Eropa yang menggunakan Asam Gelugur sebagai obat herbal dalam mengatasi lemak berlebih. Menurut mereka, Asam Gelugur merupakan buah asal Asia yang memiliki senyawa penting seperti HCA atau acid hydroxyl citric, serat, flavonoid, asam askorbat, dan asam tartarat.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, Asam Gelugur juga bisa membuat untuk urusan kesehatan lainnya, mulai dari mengatasi hipertensi, diabetes, jantung, mengatasi cacingan, serta mengatasi sakit gusi.

Kendati memiliki beragam khasiat, Asam Gelugur juga perlu diwaspadai sebab memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Maka, jika Anda memiliki gangguan pada lambung, lebih baik tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi