Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 3 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Wanita mana yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional? Bahkan, karena obsesi yang cukup tinggi, tidak sedikit wanita yang melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan bentuk tubuh impiannya, mulai dari diet, olahraga, hingga melakukan terapi pembakar lemak.

Tanpa Disadari, 4 Kebiasaan ini Bisa Membuat Tubuh Makin Gemuk

Namun, sayangnya tidak sedikit pula yang gagal dalam melakukan diet atau proses penurunan berat badan. Kegagalan tersebut bukanlah tanpa alasan. Sebab, sebenarnya kegagalan dalam diet terjadi bukan karena salah menerapkan pola diet itu sendiri, melainkan masih melakukan berbagai kebiasaan penyebab tubuh menjadi gemuk.

Apa saja kebiasaan tersebut? berikut diantaranya:

1. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan yang satu ini memang sangat tidak baik bagi kesehatan. Sebab, dengan makan terlalu cepat, saluran cerna pun menjadi bekerja lebih keras, akhirnya menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, makan terlalu cepat juga akan memberikan efek kenyang yang sebentar, akibatnya Anda menjadi mudah lapar. Maka dari itu, makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan sampai halus sebelum ditelan.

2. Meninggalkan Sarapan

Sarapan adalah hal penting yang tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun. Sebab, dengan melewatkan sarapan, maka pada siang hari Anda akan menjadi sangat lapar dan lebih ganas terhadap makanan. Akibatnya, Anda akan mengonsumsi makanan secara berlebihan yang tentu saja akan menimbun lemak di dalam tubuh.

3. Kurang Tidur

Perlu diketahui, dengan kurang tidur, tidak hanya dapat mengganggu kesehatan saja, tapi juga bisa meningkatkan risiko kegemukan. Hal itu dikarenakan saat tubuh kurang tidur, maka otak akan menstimulus tubuh untuk makan sebagai pengganti energi saat begadang. Jika tak ingin gemuk, maka kurangi kebiasaan tak sehat satu ini.

4. Makan Malam

Walau sudah banyak larangan untuk makan malam hari, nyatanya tidak sedikit orang yang sering melakukannya. Sebenarnya, makan malam boleh saja asal dibatasi jamnya. Kalaupun Anda merasa sangat lapar di malam hari, alangkah baiknya mengganti makan berat dengan cemilan sehat seperti buah atau yoghurt. Selain itu, air putih juga baik daripada harus mengonsumsi makanan berat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi