Terbit: 28 May 2018 | Diperbarui: 7 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Diet adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang paling populer dan banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal tersebut dikarenakan diet memang telah terbukti berhasil dalam menurunkan berat badan secara efektif dan cepat. Oleh karena kepopulerannya, saat ini muncul berbagai macam jenis diet yang menerapkan caranya masing-masing.

Inilah yang Terjadi Ketika Anda Salah Menerapkan Pola Diet

Dari berbagai macam jenis diet yang bermunculan tersebut, sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yakni menurunkan berat badan. Hanya saja caranya yang berbeda. Namun, perlu diperhatikan, tidak semua orang cocok dengan metode diet tersebut. Pasalnya, ketika salah dalam memilih metode diet, akan ada efek samping yang cukup membahayakan.

Apa saja efek samping jika salah menerapkan metode diet? Berikut diantaranya:

1. Rambut Rontok

Memang sedikit aneh, tapi inilah faktanya. Ketika Anda salah melakukan diet, maka ancamannya adalah terjadi kerontokan pada rambut. Hal tersebut dikarenakan tubuh kekurangan gizi serta nutrisi yang bisa menjaga rambut. Akibatnya, rambut Anda menjadi tak sehat dan rentan akan kerontokan. Selain itu, kurangnya gizi dan nutrisi juga bisa menghambat proses pertumbuhan rambut Anda.

2. Penuaan Dini

Masalah yang satu ini dianggap menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar wanita. Sebab, bagaimanapun juga wajah adalah hal utama yang harus dijaga. Tapi, jika Anda sampai salah dalam melakukan diet, maka penuaan dini tidak dapat dihindari. Hal itu karena jumlah sel dan darah pada tubuh tidak seimbang akibat kurangnya asupan nutrisi. Akibatnya, kulit wajah menjadi kering dan tampak pucat serta lebih tua.

3. Selulit

Siapa sangka jika program diet justru bisa menimbulkan selulit? Padahal, diet sendiri tujuannya adalah mengusir lemak, sedangkan selulit adalah tumpukan lemak. Hal itu terjadi akibat lekukan tubuh seperti lengan, perut, bokong, dan pangkal paha mengalami penurunan lemak yang signifikan. Akibatnya, kulit menjadi lebih kendur dan muncullah selulit tersebut.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi