Terbit: 31 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Diet adalah salah satu metode untuk menurunkan berat badan yang cukup populer saat ini. Hal itu dikarenakan diet telah terbukti bisa membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional. Karena begitu populer, maka tak heran jika berbagai macam diet pun bermunculan, mulai dari diet mayo, diet vegan, diet keto, sampai diet angin.

Ini Cara Diet Alami dengan Air Putih, Simak Yuk!

Tentunya semua jenis diet tersebut memiliki maksud dan tujuan yang sama, yakni menurunkan berat badan, hanya saja cara penerapannya yang beda. Namun, di luar dari seluruh jenis diet tersebut, sebenarnya ada satu lagi cara yang bisa membuat berat badan menurun dengan cepat dan aman. Cara itu adalah melakukan diet alami dengan air putih.

Ya, diet alami dengan terapi air putih memang telah terbukti khasiat dan manfaatnya. Selain bisa menurunkan berat badan, konsep ini dipercaya juga mampu memberikan kesehatan bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menerapkan diet alami:

1. Minum Air Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur, alangkah baiknya jika Anda langsung meneguk 1 atau 2 gelas air putih. Hal ini dikarenakan saat bangun tidur, air liur Anda mengandung enzim yang diyakini sangat berkhasiat bagi pencernaan. Maka, minum air putih setelah bangun tidur bisa membuat pencernaan menjadi lancar serta bisa membuang racun di dalam tubuh.

2. Minum Sebelum Makan Pagi

Beberapa menit sebelum makan pagi atau sarapan, jangan lupa untuk minum air putih terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membuat saluran cerna Anda menjadi lebih mudah dalam menyaring makanan. Selain itu, minum air putih sebelum sarapan juga akan mengurangi rasa lapar sehingga jumlah makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak.

3. Minum Sebelum Tidur

Mulai sekarang, biasakan untuk minum air putih sebelum tidur. Hal ini sangat baik bagi tubuh yang akan membuang racun selama Anda tidur. Memang akan membuat risih sebab Anda menjadi sering buang air kecil. Tapi itulah manfaatnya, air putih yang Anda konsumsi akan dibuang bersama kotoran pada urin atau keringat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi