Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 9 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tahukah Anda bahwa alat makan juga bisa memengaruhi seberapa banyak kita makan? Ya, meskipun kerap kita anggap tidak berpengaruh, nyatanya banyak studi dan asosiasi kesehatan yang memberikan perhatian khusus pada penggunaan alat makan lo.

Ingin Makan Lebih Sedikit? Pilih Alat Makan Warna Biru!

Photo Credit: pixabay.com/ TerriC

Memilih alat makan yang tepat bisa membuat porsi makan kita lebih terkontrol. Hal ini dipengaruhi berbagai hal seperti ukuran hingga warna alat makan.

William Blahd, pakar kesehatan dari Web MD menyebutkan beberapa poin terkait alat makan yang bisa kita perhatikan agar porsi makan lebih sedikit, diantaranya:

1. Menggunakan piring dalam ukuran lebih kecil

Coba perhatikan, piring saat kita berada di restoran atau jamuan makan. Piringnya tentu cukup besar, kan? Kal ini yang menjadi salah satu alasan makan menjadi lebih banyak. Kita bisa secara otomatis merasa perlu mengisi bagian yang kosong pada piring yang besar tersebut.

Untuk itu gunakan piring lebih kecil, baik saat makan di luar atau saat berada dirumah. Hal ini akan sangat membantu menekan asupan makan kita.

2. Perhatikan penggunaan mangkok

Mangkok memberi efek makanan nampak sedikit karena bentuknya yang bundar. Tidak jarang mangkok nampak kecil namun memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan kita ingin mengisi makanan hingga mangkok tersebut penuh.

Untuk itu selalu pilih mangkok yang dengan ukuran sedang dan yang paling penting perhatikan kedalamannya ya.

3. Gunakan alat makan warna biru

Percaya atau tidak, berbagai studi menunjukkan bahwa keinginan dan nafsu makan kita sangat dipengaruhi oleh warna, baik warna alat makan hingga warna restoran.

Umumnya, nafsu makan kita akan meningkat melihat warna yang cerah misalnya merah dan kuning, selain itu ada sangat banyak makanan yang identik dengan warna merah atau kuning keemasan.

Namun warna biru membuat tubuh merasa lebih tenang, hal ini memengaruhi kecepatan makan. Disamping itu tidak ada makanan yang berwarna biru alami, kecuali buah blueberi. Hal ini mampu menekan nafsu makan dan membuat kita tidak banyak mengingat jenis makanan lain.

Untuk itu pilih warna biru untuk alat makanmu, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi