Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 9 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Begitu banyak wanita yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan proporsional, namun malas berolahraga. Mereka menginginkan sesuatu secara instan tanpa usaha. Padahal, pencapaian apapun itu harus dilakukan dengan usaha dan kerja keras agar bisa didapatkan.

Ingin Kurus Tapi Malas Olahraga? Gunakan Cara ini!

Dengan malas berolahraga atau enggan melakukan diet, tidak sedikit pula yang mencari jalan instan, yakni mengonsumsi obat-obatan yang dipercaya bisa meluruhkan lemak secara cepat. Perlu diketahui, obat pelangsing sangat tidak disarankan oleh tim medis. Sebab, bagaimanapun juga obat tersebut pasti memiliki efek samping yang tak terduga.

Sudah banyak korban dari obat pelangsing, bukannya mendapat tubuh yang kurus, justru masalah kesehatan yang didapatkan. Namun, jika Anda bersikeras ingin mendapatkan tubuh yang kurus tanpa berolahraga, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jaga Suhu Tubuh

Salah satu cara meningkatkan metabolisme di dalam tubuh adalah dengan cara menjaga suhu tubuh. Usahakan agar tidak berada pada tempat yang terlalu sumuk ataupun terlalu dingin. Sebab, tempat yang baik bagi metabolisme adalah tempat yang sejuk. Untuk itu, sering-seringlah keluar rumah, misalnya di taman atau halaman rumah yang rindang.

2. Kurangi Kebiasaan Nyemil

Jika Anda ingin kurus, maka kurangi dan kalau bisa berhentilah nyemil. Sebab, kebiasaan yang satu ini memang tidak baik bagi berat badan Anda. Nyemil tidak akan memberikan efek kenyang sehingga Anda akan terus mengonsumsinya sampai habis dan tanpa sadar berapa kalori dan lemak yang sudah masuk di dalam tubuh.

3. Perbanyak Air Putih

Selanjutnya, perbanyaklah air putih. Kalau bisa, ganti makanan cemilan menjadi air putih. Sebab, dengan semakin banyak mineral dalam tubuh, semakin baik pula proses pencernaan. Ketika proses pencernaan sudah lancar, maka lemak yang menumpuk juga akan diusir secara alami dari dalam tubuh.

4. Makan Secara perlahan

Kebiasaan makan cepat adalah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Usahakan pada setiap makan, kunyah sampai halu dan perlahan. Selain menjaga saluran pencernaan, makan dengan menghaluskan makanan juga sangat baik untuk mengatur nafsu makan sebab menciptakan rasa kenyang yang lebih lama sehingga terhindar dari lapar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi