Terbit: 23 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pernahkah Anda mendengar diet militer? Belakangan ini diet militer mulai banyak dilirik sebagai diet penurun berat badan karena diklaim mampu menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram dalam satu minggu. Benarkah demikian?

Benarkah Diet Militer Turunkan Berat Badan 4 Kg dalam Seminggu

Diet militer adalah diet ketat yang dicetuskan oleh seorang ahli gizi di bagian militer US dengan tujuan agar para tentara dapat dengan cepat menurunkan berat badan. Diet ini kemudian juga dikenal luas dengan diet tiga hari atau the 3 day diet.

Penerapan Diet Militer

Diet militer dilakukan dengan menerapkan rencana menu selama 3-4 hari. Menu yang dipilih dalam diet ini adalah menu yang telah dikombinasikan khusus untuk bisa mencapai penurunan berat badan yang diinginkan.

Kombinasi menu tersebut kemudian diterapkan selama beberapa minggu dengan beragam kombinasi yang sesuai dengan prinsip diet.

Penerapan diet militer ini dibagi dalam beberapa fase berdasarkan kalori yang boleh dikonsumsi. Pada fase awal penerapan diet, kalori yang boleh dikonsumsi hanya berkisar 1100 kkal bahkan bisa kurang.

Pada angka tersebut, contoh menu diet militer satu hari yang diterapkan, dilansir dari Healthline.com adalah:

  • Makan pagi: satu lembar roti bakar dengan olesan dua sendok makan selai kacang, satu buah apel atau pir ukuran sedang dan satu cangkir kopi atau teh.
  • Makan siang: Satu lembar roti bakar tanpa selai, satu porsi ikan tuna yang diolah tanpa lemak dan satu cangkir teh atau kopi.
  • Makan malam: menu diet militer selanjutnya adalah satu porsi besar daging dengan 3-5 sendok makan kacang polong, satu buah apel ukuran sedang, satu buah pisang dan satu porsi olahan susu, misalnya es krim atau yoghurt.

Sehatkah Diet Militer?

Penerapan menu diet militer seperti di atas, para pakar kesehatan dan gizi serta asosiasi kesehatan di US sepakat menyebutkan bahwa diet militer adalah diet yang sangat rendah kalori atau very low density calorie.

Hal ini menyebabkan diet militer sama sekali tidak dianjurkan diterapkan dalam jangka waktu lebih dari 1-2 minggu.

Penerapan berbagai jenis diet yang sangat rendah kalori secara berkepanjangan telah terbukti akan menyebabkan kurangnya asupan gizi, gangguan kesehatan hingga menimbulkan penyakit yang cukup parah pada beberapa organ tubuh seperti jantung, hati, dan lambung.

Makanan Tambahan yangt Diizinkan

Pergantian diperbolehkan selama fase 3 hari bagi mereka dengan pembatasan diet militer, tetapi bagian harus mengandung jumlah kalori yang sama.

Misalnya, jika Anda memiliki alergi kacang, Anda bisa menukar selai kacang dengan mentega almond. Anda juga dapat mengganti 1 eberapa potong tuna untuk beberapa almond jika Anda vegetarian.

Yang penting adalah kalori tetap sama. Jika Anda mengubah rencana makan dengan cara apa pun, Anda harus menghitung kalori.

Para pendukung diet militer mendorong minum air jeruk nipis panas, tetapi merekomendasikan minuman pemanis buatan. Namun, tidak ada alasan ilmiah mengapa ini menjadi ide yang bagus.

Bisakah menurunkan berat badan 4 kg dalam seminggu?

Diet ini menjadi populer karena mengklaim bisa menurunkan berat badan sebanyak  4,5 kg dalam seminggu.

Secara teoritis, tingkat penurunan berat badan ini dimungkinkan untuk orang yang kelebihan berat badan yang sangat membatasi kalori. Namun, sebagian besar penurunan berat badan akan terjadi karena kehilangan air, bukan lemak.

Berat air turun dengan cepat ketika simpanan glikogen tubuh menurun, yang terjadi ketika Anda membatasi karbohidrat dan kalori.

Metode diet ketat ini terlihat baik pada timbangan, tetapi berat badan itu akan kembali ketika kembali mulai makan dengan normal.

Nah, Teman Sehat! tertarik mencoba diet militer?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi