Terbit: 24 Desember 2021 | Diperbarui: 29 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mengonsumsi camilan bergizi saat bekerja dapat membantu Anda tetap berenergi dan produktif. Namun, menemukan ide untuk camilan yang mudah disiapkan dan sehat terkadang bisa menjadi sesuatu yang sulit. Apa saja camilan sehat untuk di kantor yang bisa Anda coba? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

11 Camilan Sehat di Kantor (Praktis dan Enak)

Camilan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi saat di Kantor

Banyak orang berpikir bahwa cemilan adalah sesuatu yang tidak sehat dan menjadi penyebab penambahan berat badan. Padahal, camilan dikatakan baik atau buruk tergantung pada camilan yang Anda pilih dan berapa banyak yang Anda makan.

Jika Anda memilih dengan hati-hati dan merencanakan dengan baik, camilan bisa menjadi bagian yang sehat dari diet Anda.

Berikut adalah beragam camilan sehat untuk di kantor yang baik dikonsumsi setiap hari, di antaranya:

1. Kacang-kacangan dan Buah Kering

Kacang-kacangan dan buah-buahan kering merupakan kudapan sehat dan tidak mudah busuk. Dua penganan ini memiliki keseimbangan yang baik dari ketiga makronutrien, dengan lemak dan protein sehat dari kacang-kacangan dan karbohidrat dari buah kering.

Terlebih, keduanya sarat dengan serat yang dapat membantu Anda tetap kenyang di antara waktu makan.

2. Paprika dan Guacamole

Guacamole adalah saus lezat yang biasanya terbuat dari alpukat, jeruk nipis, bawang merah, dan daun ketumbar. Saus ini cocok dengan irisan paprika atau sayuran mentah lainnya.

Camilan sehat dan praktis ini baik dikonsumsi setiap hari, karena alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal yang terbukti menjaga kadar kolesterol darah tetap sehat, yang pada akhirnya mendukung kesehatan jantung.

3. Kacang Buncis Panggang

Buncis panggang adalah camilan yang tinggi protein, serat, beberapa vitamin dan mineral. Dalam 1/2 cangkir (125 gram) buncis terdapat 5 gram serat dan 10 gram protein.

Terlebih lagi, buncis mengandung sebagian besar asam amino yang dibutuhkan tubuh, sehingga proteinnya dianggap berkualitas lebih tinggi daripada kacang-kacangan lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dengan protein berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan membantu penurunan berat badan.

4. Apel dan Selai Kacang

Irisan apel dengan selai kacang alami dapat menjadi cemilan sehat untuk di kantor. Selai kacang menyumbang protein dan lemak sehat, sementara apel kaya akan serat dan air, sehingga membuatnya sangat mengenyangkan.

Faktanya, 1 apel berukuran sedang (182 gram) mengandung lebih dari 85 % air dan memiliki lebih dari 4 gram serat.

5. Homemade Granola

Apabila Anda ingin menghindari konsumsi granola yang beredar di pasaran namun tetap ingin mengonsumisnya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya sendiri.

Cara membuatnya sangat mudah, campurkan rolled oat, biji bunga matahari, cranberry kering, dan kacang mete dalam campuran melted coconut oil dan madu. Setelah itu, panggang campuran tersebut sekitar 40 menit dengan api kecil.

Cemilan sehat untuk di kantor ini kaya karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat. Selain itu, serat larut dalam gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Greek Yoghurt

Greek yoghurt plain dan tanpa pemanis adalah camilan sehat praktis dengan kandungan protein yang lebih tinggi daripada yoghurt biasa.

Dalam 170 gram greek yoghurt rendah lemak mengandung 17 gram protein dengan 140 kalori. Kandungan kalsium di dalamnya penting untuk mendukung  kekuatan tulang dan gigi. Menambahkan buah dan kacang dapat membuat camilan ini menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 8 Cemilan yang Bikin Gemuk dan Tips ‘Ngemil’ Sehat

7. Edamame

Edamame sarat dengan protein nabati berkualitas tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa protein di dalamnya sama memuaskannya dengan protein daging sapi, serta dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.

8. Keju Cottage dan Buah

Keju cottage dan buah adalah camilan sehat yang sempurna untuk dikonsumsi sambil bekerja. Camilan ini rendah kalori tetapi sarat dengan nutrisi. Dalam 1/2 cangkir (113 gram) keju cottage rendah lemak memiliki 12 gram protein, 80 kalori, dan membantu memenuhi 10 % kalsium harian tubuh.

Selain buah beri yang cocok Anda tambahkan pada keju cottage, sumber lemak sehat seperti biji labu juga dapat Anda tambahkan pada sajian.

9. Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu camilan yang paling mudah disiapkan. Faktanya, telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Satu telur besar (50 gram) mengandung lebih dari 6 gram protein, zat besi, kalsium, kolin, dan vitamin A, B6, B12, D, dan nutrisi lainnya.

10. Green Smoothie

Green smoothie dapat dibuat dengan mencampurkan bayam, pisang beku, satu sendok kacang mentega, bubuk protein, dan susu nabati/sapi.

Camilan ini memberikan keseimbangan serat, protein, dan lemak sehat, sehingga menjadikan smoothie ini sebagai camilan yang mengenyangkan.

11. Chia Pudding

Chia pudding biasanya dibuat dengan biji chia, susu, vanilla, buah, dan pemanis. Biji chia sangat bergizi dan tinggi asam lemak, serat, zat besi, dan kalsium. Faktanya, 2 sendok makan (35 gram) biji chia menyediakan lebih dari 16 % kalsium dan 32 % serat kebutuhan harian tubuh.

Untuk membuat chia pudding, campurkan 3 sendok makan (40 gram) biji chia dengan 1 cangkir (240 ml) susu. Kemudian tambahkan irisan buah, biji labu, sedikit sirup maple, dan ekstrak vanila. Diamkan di lemari es semalaman dan ambil saat Anda berangkat kerja di pagi hari.

Nah, itulah berbagai cemilan sehat untuk di kantor yang baik Anda konsumsi setiap hari.

 

  1. Streit, Lizzie. 2019. 33 Healthy Office Snacks to Keep You Energized and Productive. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-work. (Diakses pada 24 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi