Terbit: 4 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang pernah mencoba menurunkan berat badan dengan diet, tentu Anda tahu bahwa proses menurunkan berat badan kadang tidak mudah. Apalagi jika dihadapkan pada berbagai jenis makanan yang terlihat sehat namun sebenarnya tidak baik bagi diet Anda. Dilansir dari Health, berikut ini makanan yang perlu Anda waspadai agar tidak menggagalkan diet Anda:

4 Makanan yang Akan Menggagalkan Diet Anda

Makanan dengan pengemulsi
Pengemulsi makanan dibutuhkan untuk mencampur dua bahan makanan yang biasanya sulit tercampur, misalnya minyak dan air. Pengemulsi juga membuat makanan terlihat menarik dan tetap segar. Beberapa makanan yang mengandung emulsi di antaranya es krim, mayones, margarin, dan sosis. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa bahan kimia dalam pengemulsi buatan dapat mengubah bakteri usus, memicu peradangan, dan meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Makanan dengan MSG
MSG atau monosodium glutamat adalah penambah rasa yang banyak ditemui dalam berbagai makanan siap saji. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi MSG berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu MSG juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, dan kolesterol. Untuk mengganti makanan dengan MSG, pilihlah makanan yang diolah minimal dan menggunakan bumbu sederhana.

Makanan dengan pemanis buatan
Banyak orang memilih pengganti gula dengan kalori nol sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan, namun sebenarnya pemanis ini justru dapat menaikkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang diberi pemanis buatan sakarain atau aspartam menunjukkan kondisi metabolik yang terkait dengan obesitas dan diabetes tipe 2. Dalam penelitian lanjutan terhadap 7 sukarelawan manusia, 4 subyek penelitian menjadi tidak toleran glukosa setelah mengonsumsi dosis sakarin maksimum yang direkomendasikan dalam satu minggu.

Jika Anda sangat menginginkan gula dalam proses menurunkan berat badan, ganti produk pemanis buatan Anda dengan gula alami yang ada dalam buah-buahan, ubi jalar, dan kayu manis.

Produk rendah lemak
Sebagian besar dari kita cenderung berasumsi bahwa makanan yang diberi label rendah lemak justru baik untuk menurunkan berat badan. Namun dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, para peneliti di Kanada menganalisis informasi nutrisi untuk hampir 6.000 makanan dan menemukan bahwa secara keseluruhan, produk dengan klaim rendah lemak tidak secara signifikan menurunkan kalori. Bahkan, makanan rendah lemak bisa membuat orang mengonsumsi kalori ekstra.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi