Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 24 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mengatur makan saat diet tentu lebih sulit dibandingkan menumbuhkan niat untuk diet. Maka dari itu, agar diet kita tidak hanya sekedar niat belaka, kita tentu harus bisa mengatur asupan makan selama diet ya.

3 Tips Mudah Mengatur Makan Saat Diet

Seperti yang kita ketahui, masing-masing jenis diet pasti memiliki prinsip yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja diterapkan berdasarkan masing-masing kebutuhan individu.

Namun dalam mengatur asupan makan, kita tentu bisa mengontrol asupan makan dengan cara yang sama. Bagaimanakah cara mengaturnya?

Pakar kesehatan WebMD, William Blahd menyebutkan bahwa ada beberapa cara mudah yang bisa kita terapkan untuk mengatur porsi makan. Cara ini bisa kita terapkan saat sedang akan berbelanja makanan atau saat akan makan, diantaranya adalah:

1. Mengonsumsi permen karet saat berbelanja

Hasil dari dua penelitian menganjurkan konsumsi permen karet selama berbelanja. Hal ini terbukti mampu mengurangi rasa lapar. Sehingga kita bisa terhindar dari food craving dan mampu mengatur pemilihan makanan yang sesuai prinsip diet selama di tempat perbelanjaan. Jangan lupa untuk memilih permen karet yang rendah gula, ya.

2. Memilih sayur dan buah terlebih dahulu

Jika Anda biasanya mengambil nasi terlebih dahulu, maka kini usahakan untuk mengambil makanan berserat terlebih dahulu. Saat akan makan kita cenderung mengambil makanan lebih banyak ketika piring masih kosong. Hal ini bisa kita manfaatkan agar asupan sayur dalam tubuh meningkat.

3. Mengurangi tontonan terkait makanan atau memasak

Melihat acara memasak atau mungkin postingan makanan di media sosial memang menyenangkan. Namun hal ini bisa menyebabkan kita menjadi craving akan makanan yang tinggi kalori lo. Makanan yang ditampilkan umumnya disajikan dengan berbagai tambahan agar makanan menjadi menarik, tidak jarang penggunaan topping keju, cokelat atau sosis menjadi sangat banyak. Untuk itu sebaiknya kurangilah tontonan terkait masakan ya.

Nah, itu dia tiga tips mudah agar kita bisa mengatur makanan selama diet. Benar-benar mudah kita lakukan ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi