Terbit: 15 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat setelah melahirkan, setiap wanita selalu mengalami lonjakan berat badan. Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah hypothyroidism, yaitu produksi hormon tiroid yang tidak stabil. Hormon tiroid sendiri merupakan salah satu hormon penting di dalam tubuh sebab keberadaannya memberikan manfaat kepada setiap sel pada seluruh organ.

Jadi Gemuk Usai Melahirkan? Ini 3 Cara Kembali Langsing

Selain itu, yang menyebabkan wanita menjadi gemuk setelah melahirkan adalah karena nafsu makan yang meningkat drastis. Wajar adanya jika wanita yang baru melahirkan mengalami lonjakan nafsu makan, sebab tubuh sedang lemas karena proses kelahiran dan juga harus menyusui yang membutuhkan asupan makanan seimbang. Oleh karenanya, setiap wanita pasti mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan.

Namun, yang sering menjadi masalah adalah sangat sulit menurunkan berat badan pasca melahirkan. Walau sudah berbulan-bulan, badan tidak bisa kembali normal seperti sedia kala. Kebanyakan wanita mengeluh dengan hal ini, sebab diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat tubuh kembali kurus.

Nah, jika Anda mengalai hal tersebut, maka Anda tidak perlu berkecil hati lagi. Sebab, ada cara mudah yang bisa menurunkan berat badan Anda pasca melahirkan. Berikut 3 caranya, simak ya!

1. Menyusui

Dari hasil penelitian, menyusui ternyata sangat efektif untuk membakar kalori. Tidak tanggung-tanggung, jumlah kalori yang bisa dibakar ketika menyusui mencapai 500 kalori perharinya! Bisa dibayangkan, jika Anda menyusui bayi Anda setiap hari, maka tidak butuh waktu lama berat badan Anda akan normal kembali.

2. Kurangi Garam

Perlu diketahui, garam (sodium) memiliki sifat hidrofilik, atau menarik cairan. Pada pasca melahirkan biasanya seorang wanita mudah haus dan membutuhkan banyak cairan. Maka hindari garam, sebab cairan akan terserap olehnya. Hal ini menyebabkan nafsu makan menjadi lebih besar karena tubuh merasakan kelelahan yang begitu hebat.

3. Menggendong

Ternyata aktivitas menggendong anak juga sangat berdampak positif bagi wanita pasca kelahiran. Selain sebagai bentuk kasih sayang kepada anak, menggendong juga sangat efektif untuk kebugaran serta menurunkan berat badan. Dijelaskan jika menggendong anak yang beratnya sekitar 3-5 kg merupakan gerakan yang setara dengan latihan gym setiap hari yang bisa membakar kalori dalam tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi