Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga kebersihan vagina adalah kewajiban bagi semua wanita. Sebab, dengan menjaga kebersihan, maka vagina Anda akan terhindar dari berbagai gangguan yang membuat tidak nyaman. Gangguan tersebut bisa berupa keputihan, iritasi, bau menyengat, hingga gatal yang tak tertahankan.

Vagina Sering Gatal? Atasi dengan Cara ini!

Namun, gejala gangguan yang umum terjadi pada vagina adalah rasa gatal. Tahukah Anda, dari mana rasa gatal itu berasal? Sebagai wanita, Anda harus mengetahui hal tersebut agar bisa merawat alat intim dengan lebih bijaksana lagi.

Salah satu penyebab gatalnya vagina dikarenakan bersarangnya sebuah bakteri yang bernama bacterial vaginosis (BV). Bakteri ini lebih sering dikatakan sebagai jamur vagina karena memiliki kemiripan, walaupun sebenarnya berbeda. Saat sudah terjangkit bakteri ini, maka vagina akan terasa super gatal dengan selang waktu yang cukup padat. Tentu saja hal tersebut sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gatal tersebut. Salah satu cara yang dipercaya bisa menangani gatal adalah menggunakan minyak kelapa. Ya, minyak memang terkenal sebagai bahan pijat tradisional.

Selain bermanfaat untuk tubuh karena mampu mengusir bakteri, minyak kelapa juga dikatakan cukup baik untuk kesehatan vagina, khususnya stimulasi klirotis. Hal tersebut dikarenakan minyak kelapa merupakan bahan organik yang murni asli dari tumbuhan, tidak tercampur senyawa kimia sehingga dikatakan minim efek sampingnya.

Minyak kelapa bisa mengobati infeksi ragi karena sifat dari minyak kelapa sendiri adalah anti jamur dan anti bakteri. Maka jika area vagina Anda sedang dalam ancaman bakteri, minyak kelapa adalah solusinya. Anda cukup mengoleskannya secara merata pada area vagina secukupnya. Diamkan beberapa menit, lalu Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan dengan rutin dan lihat hasilnya. Rasa gatal tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa butuh waktu lama.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi