Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal seksual, memang seakan tidak ada habisnya. Sebab, urusan seksual bisa dikatakan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Seksual juga bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti memiliki keturunan, memberi kebahagiaan, serta menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Maka tak heran jika banyak pakar yang menganjurkan bagi pasangan untuk sering melakukan hubungan intim.

Terlalu Sering Melakukan Hubungan Intim, Apakah Baik untuk Miss V?

Tapi, dengan terlalu sering berhubungan intim, apakah baik untuk vagina?

Menurut ahli keintiman sekaligus penulis buku What’s Up Down There? Questions You’d Only Ask Your Gynecologist If She Was Your Best Friend, Lissa Rankin, mengatakan segala sesuatu yang sering dilatih akan menjadi lebih baik. Begitu pula dengan urusan vagina. Menurutnya, vagina akan lebih sehat jika wanita berhubungan seks secara rutin.

Sebab, seks bukan hanya sebagai alat kenikmatan, tapi juga bisa menjaga alat keintiman. Dengan rutin melakukan hubungan intim, jaringan vagina yang sensitive akan tetap sehat. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu lama tidak melakukan hubungan intim, maka dindin vagina bisa menjadi rapuh. Tentu saja, rapuhnya dinding vagina bisa meningkatkan risiko luka yang akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Selain itu, tidak sedikit pula wanita yang merasa mengalami vagina astrofi jika jarang melakukan hubungan intim. Vagina astrofi merupakan kondisi yang ditandai dengan pengeringan serta peradangan dinding vagina. Untuk mengatasinya, para ahli sepakat dengan satu solusi, yakni rutin melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Maka dari itu, dapat disimpulkan jika rutin melakukan hubungan intim, cukup baik bagi kesehatan vagina. Dijelaskan lagi, jika hormon pada tubuh wanita, khususnya bagian vital akan melakukan reproduksi lebih baik bila dibandingkan dengan wanita yang jarang melakukan hubungan intim.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi