Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hubungan intim adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan dan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi sebuah pasangan. Selain mendapatkan kenikmatan, melakukan hubungan juga bisa menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Maka dari itu, beberapa konsultan parenting sangat menganjurkan bagi pasangan suami istri untuk rutin melakukan hubungan, setidaknya 4 kali dalam seminggu.

Sering Sakit Saat Melakukan Seks? Jangan-Jangan Vagina Anda Mengalami Hal Ini!

Namun, di balik kenikmatan tersebut, sebagian wanita justru mengalami hal sebaliknya. Ya, ada beberapa wanita yang tidak bisa mendapatkan kenikmatan seks dikarenakan vagina selalu merasa sakit dan nyeri yang luar biasa saat melakukan hubungan intim. Alih-alih mendapat keharmonisan, hal tersebut justru bisa merusak mood pasangan hingga akhirnya hubungan menjadi sedikit renggang.

Lantas, mengapa vagina bisa sakit saat melakukan hubungan intim?

Dikutip dari berbagai sumber, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan nyeri pada vagina saat melakukan seks. Dimulai dari kondisi vagina yang kering. Hal ini memang sebuah masalah klise yang kerap dialami oleh sebagian besar wanita. Keringnya vagina tersebut dikarenakan wanita tersebut kekurangan kadar estrogen di dalam tubuhnya.

Perlu diketahui, jika vagina Anda selalu kering, maka Anda harus segera melakukan tindakan, sebab hal tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami gangguan yang cukup serius.

Lalu, faktor lain yang menyebabkan vagina sakit saat bercinta juga dikarenakan Vulvodinia, yakni sindrom yang menyebabkan vagina menjadi super sensitif saat terkena sentuhan maupun gesekan. Hal tersebut dikarenakan adanya infeksi jamur pada vagina Anda. Biasanya, tim medis akan mengatasi ini dengan memberikan pengobatan steroid dan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Tidak sampai di situ, faktor lain yang menyebabkan nyeri juga bisa dikarenakan berkembangnya kulit tipis berwarna putih di atas kulit. Fenomena tersebut biasa disebut dengan Lichen Sclerosis. Ya, dengan berkembangnya kulit tipis tersebut, tentu saja membuat gesekan yang terjadi semakin terasa. Terlebih saat pasangan Anda ganas, maka rasa nyeri tidak dapat dihindari lagi. Maka Anda harus segera memeriksakannya untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa alasan mengapa vagina merasa sakit atau nyeri saat berhubungan intim. Jika Anda merasakan hal serupa, ada baiknya Anda melakukan tindakan sesegera mungkin untuk menghindari gangguan lanjut sebelum terlambat.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi