Terbit: 26 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Seks di saat sedang menstruasi memang dianggap berbahaya. Hal ini dikarenakan saat menstruasi darah kotor akan keluar melalui vagina. Sehingga, jika dilakukan aktivitas seks, maka darah tersebut bisa masuk kembali dan menyebabkan penyakit. Alasan tersebutlah yang membuat sebagian besar pasangan enggan untuk melakukan hubungan seks saat sedang menstruasi.

Ragam Manfaat yang Bisa Anda Rasakan Ketika Behubungan Seks Saat Haid

Padahal, seks saat sedang menstruasi ternyata aman untuk dilakukan dan bisa memberikan berbagai macam manfaat baik bagi tubuh. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa macam manfaat yang bisa Anda rasakan saat berhubungan seks di masa menstruasi, di antaranya:

  • Meredakan Nyeri Saat Haid

Anda tentu akan merasakan nyeri saat sedang haid, baik nyeri perut maupun pinggang. Hal ini lumrah terjadi pada sebagian besar wanita. Selain itu, mereka juga akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan mood mereka tidak stabil. Rasa nyeri saat menstruasi dapat hilang ketika Anda melakukan hubungan seks. Sebab, hormon endorfin yang terlepas akibat tercapainya orgasme mampu menghilangkan rasa nyeri tersebut.

  • Mengurangi Stres dan Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Perubahan hormon saat menstruasi seringkali membuat Anda mengalami stres dan susah tidur. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan cara melakukan hubungan seks. Sebab, ketika melakukan hubungan seks, hormon endorfin akan dilepaskan dan mampu menurunkan stres yang Anda alami. Selain itu, hormon prolaktin yang dilepaskan ketika orgasme dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

  • Tidak Memerlukan Pelumas

Melakukan hubungan seks ketika sedang menstruasi sangat membantu bagi Anda yang sulit terangsang dan kurang lubrikasi. Seperti yang Anda tahu bahwa wanita akan mengeluarkan pelumas alami yang berfungsi untuk melumasi vagina agar tidak terasa sakit saat melakukan penetrasi. Sehingga, ketika Anda tidak bisa menghasilkan pelumas yang cukup, maka Anda diharuskan untuk menggunakan pelumas buatan. Pada saat menstruasi, Anda tidak memerlukan pelumas buatan lagi karena pastinya vagina dalam keadaan basah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi