Terbit: 25 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak yang mengatakan bahwa seks harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang saling menyayangi. Tujuannya adalah agar seks yang dilakukan bisa terasa nikmat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka yang masih mengalami rasa sakit saat berhubungan seks, khususnya wanita. Alih-alih bergairah, mereka justru merasa takut untuk melakukannya. Adapun beberapa penyebab umum rasa sakit saat berhubungan seks, diantaranya:

Hubungan Seks Seringkali Menyakitkan? Mungkin ini Penyebabnya

1. Kurang Lubrikasi

Wanita memiliki cairan atau pelumas alami yang  keluar melalui vagina. Cairan tersebut akan melumasi seluruh area vagina yang akan membantu penetrasi. Kurangnya lubriksi atau peluma alami pada vagina dapat menimbulkan rasa sakit saat melakukan penetrasi. Oleh sebab itu, lakukan foreplay dengan waktu yang cukup lama hingga pelumas tersebut bisa melumasi vagina secara sempurna.

2. Alergi Terhadap Kondom

Tidak sedikit pasangan yang melakukan hubungan seks menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Tujuannya adalah untuk mencegah kehamilan. Namun, penggunaan kondom bisa menyebabkan alergi dan rasa sakit pada alat kelamin sehingga seks yang dilakukan terasa tidak nikmat. Untuk itu, sebaiknya Anda mengganti kondom dengan jenis atau merek yang sesuai dengan kondisi kulit kelamin Anda.

3. Posisi Seks yang Tidak Tepat

Ada banyak posisi seks yang wajib dilakukan saat berhubungan seks dengan pasangan. Posisi seks yang beragam bertujuan agar hubungan seks Anda tidak monoton dan membosankan. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih posisi seks. Sebab, posisi seks yang salah dapat menyebabkan rasa sakit pada kelamin, baik kelamin Anda maupun pasangan.

4. Penis Terlalu Besar

Banyak wanita menginginkan pasangannya memiliki penis yang besar. Sebab, mereka menganggap bahwa ukuran penis yang cukup besar dapat memberikan kenikmatan yang luar biasa saat penetrasi. Namun, tenyata tidak semua vagina wanita cocok dengan penis berukuran besar. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada vagina saat penetrasi, bahkan dapat menyebabkan vagina robek.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi