Terbit: 20 Agustus 2021 | Diperbarui: 20 Juni 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Masturbasi pada wanita seperti halnya masturbasi yang dilakukan oleh pria, praktik seksual ini adalah sesuatu yang umum dilakukan. Simak penjelasan mengenai manfaat, efek samping, hingga cara melakukannya di bawah ini.

Masturbasi pada Wanita: 6 Manfaat, Efek Samping, & Cara Melakukannya

Manfaat Masturbasi pada Wanita

Berikut ini adalah berbagai manfaat seorang wanita melakukan masturbasi, di antaranya:

1. Meningkatkan Suasana Hati

Masturbasi adalah cara instan melepaskan endorfin, dopamin, oksitosin, dan serotonin yang memicu perasaan bahagia. Meskipun ‘hormon kebahagiaan’ alami seperti serotonin bisa digunakan untuk meringankan perasaan depresi, Anda harus berhati-hati mengaitkan antara masturbasi dan tingkat depresi/kecemasan yang lebih rendah.

Meski begitu, stimulasi organ seks oleh diri sendiri ini membuat tubuh menghasilkan senyawa kimia yang menghasilkan sensasi menyenangkan.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebuah studi menunjukkan bahwa masturbasi dapat membuat jaringan di vagina tetap elastis dan sehat. Beberapa peneliti menduga hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar DHEA. Studi menemukan bahwa seseorang yang  berhubungan seks rata-rata empat kali per minggu, tampak 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat masturbasi wanita berguna bagi Anda yang memiliki insomnia. Aktivitas ini dapat membantu mencegah insomnia melalui pelepasan hormon. Setelah orgasme, oksitosin, dan endorfin yang dilepaskan tubuh memiliki efek menenangkan secara alami, menghilangkan ketegangan, mengurangi stres, dan memungkinkan Anda tertidur lebih cepat.

4. Mengurangi Kram Menstruasi dan Nyeri

Perubahan hormonal dalam tubuh yang menyertai gairah dan orgasme menghasilkan pelepasan endorfin yang dapat membantu menenangkan sakit kepala, kram, dan nyeri tubuh lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa lonjakan oksitosin tepat sebelum orgasme dapat memiliki efek paliatif dan menyebabkan ambang rasa sakit berlipat ganda. Kontraksi orgasme juga dapat membantu menenangkan kram yang terkait dengan menstruasi.

Dalam studi lain, wanita yang melakukan masturbasi hingga orgasme jauh lebih mampu mengatasi rasa sakit serta mendeteksinya. Toleransi nyeri meningkat sebesar 74,6 % dan kemampuan untuk mendeteksi rasa sakit meningkat sebesar 106,7 %.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Masturbasi pada wanita tidak boleh dianggap sebagai hal yang kotor atau memalukan. Aktivitas ini memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat diri sendiri. Kesenangan diri dapat membantu memahami kondisi mental dan fisik dengan lebih baik.

Masturbasi berkorelasi dengan citra tubuh dan harga diri yang positif. Jadi, meskipun aktivitas ini tidak mengubah bentuk tubuh, hal itu dapat mengubah perasaan Anda tentang tubuh. Saat Anda merasa nyaman dengan kondisi tubuh, aktivitas seksual dengan pasangan dapat lebih bergairah.

6. Memperkuat Otot Dasar Panggul

Manfaat kesehatan lain dari masturbasi adalah membantu menjaga dasar panggul dan otot tetap kuat karena kontraksi otot yang terjadi selama orgasme.

Selama gairah, seseorang mengalami peningkatan detak jantung. Kulit terlihat lebih memerah dan alat kelamin membengkak dengan peningkatan aliran darah. Selama orgasme, otot-otot di vagina, rahim, dan anus tanpa sadar berkontraksi dan rileks.

Efek Masturbasi bagi Wanita

Meski menyimpan manfaat, aktivitas ini juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai, di antaranya:

1. Gangguan Mental dan Fisik

Terlalu banyak masturbasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan mental dan fisik. Jika Anda terlalu sering melakukannya, aspek kehidupan lainnya cenderung dilupakan. Apabila masturbasi menyebabkan candu, hal tersebut akan membuat Anda merasa bersalah karena telah melakukannya. Kondisi ini pada akhirnya dapat memengaruhi harga diri.

2. Sakit Punggung

Terlalu banyak masturbasi dapat menyebabkan sakit punggung dan kram di daerah panggul. Hal ini juga dapat menyebabkan kontraksi otot panggul.

3. Menurunkan Libido

Seseorang yang sudah kecanduan melakukan masturbasi sering kali mengeluh bahwa kehidupan seksnya tidak berjalan baik dan memiliki tingkat libido yang rendah. Ejakulasi berlebihan akan menyebabkan kebosanan saat berhubungan seksual.

4. Trauma Emosional

Aktivitas ini bagi beberapa orang dapat memicu perasaan bersalah karena tidak sesuai dengan budaya, agama, dan keyakinan. Bahkan, beberapa orang menganggapnya tidak bermoral. Dalam kasus ini, sebaiknya Anda harus konsultasi dengan seksolog.

5. Membahayakan Kehamilan

Perubahan hormonal sering terjadi selama kehamilan. Beberapa wanita memiliki hasrat seksual dan melakukan masturbasi. Akibatnya, seorang wanita bisa mengalami kram panggul setelah dan selama orgasme.

Beberapa wanita hamil suka melepaskan ketegangan seksual, di mana hal ini sebenarnya memberi tekanan berlebihan pada rahim. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghindari masturbasi selama kehamilan. Masturbasi tidak aman bagi wanita yang rentan terhadap kehamilan berisiko tinggi.

Cara Masturbasi Wanita yang Aman

Pada dasarnya, masturbasi pada wanita memiliki beragam teknik. Setiap orang memiliki referensi masing-masing untuk mencapai orgasme. Berikut adalah beberapa cara yang umum dilakukan oleh sebagian besar wanita, antara lain:

  • Masturbasi wanita tidak hanya pijatan pada klitoris, tetapi juga area sekitarnya. Sering kali rangsangan pada klitoris terlalu banyak, sehingga akan lebih baik jika jari jemari Anda bergerak maju mundur dengan cepat di area sekitarnya.
  • Jilat atau basahi jari Anda terlebih dahulu jika tidak cukup basah saat memulai masturbasi. Semakin cepat Anda mencapai klimaks, vagina basah akan terjadi secara alami.
  • Masturbasi pada wanita tidak hanya berfokus pada organ intim, Anda harus menjadikan aktivitas ini sebagai pengalaman sensorik seluruh tubuh. Misalnya dengan menyentuh area payudara atau area sensitif lain dengan tangan satunya.
  • Pegang paha bagian dalam atau bagian sensitif lainnya dari tubuh  saat sedang orgasme, hal diperlukan agar Anda klimaks lebih cepat.
  • Jangan ragu untuk menggunakan cairan dari dalam vagina sebagai pelumas untuk klitoris.
  • Selain menggunakan jari, masturbasi pada wanita juga bisa dilakukan dengan mainan seks. Contoh mainan yang paling populer adalah vibrator dan dildo. Jika Anda ingin menggunakannya, belilah dari penjual yang tepercaya.

 

  1. Anonim. 23 Masturbation Tips for People With Vaginas. https://www.advocate.com/love-and-sex/2018/9/15/23-masturbation-tips-girls-who-need-get#media-gallery-media-3. (Diakses pada 20 Agustus 2021).
  2. Anonim. 7 Health Benefits of Masturbation and Why You Should Do It Often. https://vitarock.ca/blog/post/7-health-benefits-of-masturbation-and-why-you-should-do-it-often. (Diakses pada 20 Agustus 2021).
  3. Anonim. 2019. Benefits and Side Effects of Masturbation for Women. https://www.ferty9.com/ferty9/benefits-and-side-effects-of-masturbation-for-women/. (Diakses pada 20 Agustus 2021).
  4. Anonim. 2018. 8 Reasons Why Masturbation Is Important For Women; Lifestyle Coach Luke Coutinho Tells. https://doctor.ndtv.com/sexual-health/8-reasons-why-masturbation-is-important-for-women-lifestyle-coach-luke-coutinho-tells-1946031. (Diakses pada 20 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi