Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Vagina merupakan salah satu organ pada tubuh wanita yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Maka dari itu, vagina bisa diibaratkan sebagai mahkota yang harus dirawat serta dijaga dijaga oleh setiap wanita, tanpa terkecuali. Vagina juga tidak bisa diperlakukan secara sembarangan, sebab banyak jaringan sensitif pada area vital tersebut. Maka, perlu kelembutan serta mengetahui aturan yang benar dalam merawatnya.

Inilah 4 Fakta Vagina yang Jarang Diketahui Pria Maupun Wanita!

Tapi, sebelum merawat organ intim tersebut, pastikan terlebih dahulu jika Anda mengenal betul tentang vagina. Dengan mengenal dan mengatahui fakta tentang vagina, Anda akan lebih bijak dalam memperlakukan mahkota Anda. Maka, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta tentang vagina berikut ini!

1. Terdapat anatomi di dalamnya

Perlu diketahui, vagina bukanlah sebuah organ yang berdiri sendiri, melainkan terdapat pula anatomi lengkap di dalamnya. Penyebutan vagina sendiri pada dasarnya berujuk pada kanal otot yang menghubungkan serviks ke bagian luar tubuh sehingga terlihat oleh mata. Ada beberapa bagian serta jaringan yang membentuk vagina. Dan seluruh bagian tersebut memiliki fungsi berbeda.

2. Klirotis adalah pusat kenikmatan

Mungkin sebagian besar wanita sudah mengetahui hal ini, terlebih bagi mereka yang sudah berumah tangga. Ya, klirotis merupakan bagian dai vulva yang berada pada bibir vagina. Klirotis hanya memiliki satu fungsi, yakni pusat kenikmatan, bukan yang lainnya karena memiliki ribuan saraf yang sensitif. Maka, memainkan klirotis saat berhubungan adalah keputusan yang tepat untuk meningkatkan gairah seksual.

3. Vagina bisa mandi sendiri

Maksud dari mandi sendiri adalah vagina bisa membersihkan dirinya sendiri secara alami. Maka dari itu, banyak pakar yang menyarankan wanita untuk tidak terlalu sering menggunakan obat atau cairan pembersih. Sesuai dengan sifatnya yang bisa mandi sendiri, maka Anda hanya perlu membersihkan sewajarnya saja, yakni dengan basuhan air ataupun bahan alami yang aman.

4. Aroma vagina berubah-ubah

Sebagian besar pria yang pernah melakukan hubungan intim pasti sering mendapati aroma yang tidak sedap dari vagina wanita. Dengan begitu, hampir seluruh pria beranggapan jika vagina memang memiliki bau yang tidak pantas untuk dihirup. Dan itu salah besar. Faktanya, aroma vagina bisa berubah-ubah mengikuti siklus haid serta pola makan dan pola hidup dari wanita itu sendiri.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi