Terbit: 23 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami peningkatan gairah seks saat menstruasi? Tak perlu khawatir, ternyata hal ini termasuk hal yang wajar. Perubahan hormon saat menstruasi memengaruhi dorongan gairah seks para wanita. Saat menstruasi, tubuh Anda menghasilkan sedikit progesteron, hormon yang dapat menekan gairah seks.

Gairah Seks Meningkat Saat Menstruasi? Wajar!

Selain itu, saat menstruasi produksi hormon testosteron mulai meningkat. Hormon testosteron yang dikenal sebagai hormon pria ini juga penting bagi wanita dalam mengatur gairah seks. Inilah yang membuat wanita mudah terangsang saat menstruasi.

Meskipun demikian, wanita kadang dilanda nyeri saat menstruasi sehingga merasa tidak nyaman dan menurunkan libido. Akibatnya, para wanita enggan untuk berhubungan seks. Selain itu, berhubungan seks saat menstruasi juga meningkatkan risiko kedua pasangan untuk tertular beberapa penyakit tertentu. Darah yang keluar saat menstruasi merupakan media berkembangnya kuman sebagai sumber penyakit.

Tak hanya itu, berhubungan seks saat menstruasi juga dapat memudahkan kuman masuk ke dalam rahim. Saat menstruasi, leher rahim dalam kondisi terbuka sehingga dapat menyebabkan infeksi saluran reproduksi.

Berdasarkan uraian di atas, berhubungan seks saat menstruasi memang tidak disarankan karena berisiko infeksi. Bagi Anda yang ingin tetap melakukannya, sebaiknya menggunakan kondom.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi