Terbit: 24 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Minyak zaitun atau olive oil dikenal sebagai bahan untuk memasak dan perawatan kulit. Namun, minyak zaitun dikatakan bisa juga digunakan untuk pelumas bercinta karena sifatnya lembut dan licin. Lantas, amankah untuk pelumas bercinta? Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Bolehkah Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pelumas Bercinta?

Bolehkah Memakai Minyak Zaitun untuk Pelumas Bercinta?

Perlu Anda pahami, secara alami vagina sudah menghasilkan cairan pelumas yang membantu pria melakukan penetrasi. Cairan pelumas ini akan mengurangi gesekan antara penis dan lubang vagina.

Jika proses penetrasi berjalan lancar, hal tersebut akan memberikan kenikmatan pada kedua pasangan karena seks berjalan dengan lebih baik dan memuaskan.

Meskipun vagina bisa menghasilkan cairan pelumas sendiri, ada kalanya pasangan membutuhkan cairan pelumas tambahan. Cairan ini diperlukan untuk membantu wanita yang susah menghasilkan pelumas atau untuk menambah kenikmatan bercinta.

Minyak zaitun adalah salah satu cairan yang disebut-sebut dapat digunakan sebagai pelumas untuk berhubungan seksual. Hal ini karena minyak zaitun dianggap memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kepuasan seksual.

Manfaat tersebut antara lain untuk mengatasi vagina kering, terasa lebih lembut dan licin, pelumas seks oral, serta efeknya tahan lama.

Namun, penggunaan minyak zaitun tidak dianjurkan sebagai pelumas untuk bercinta. Hal ini karena adanya sejumlah risiko yang berdampak buruk untuk kesehatan organ intim, terutama pada wanita yang memiliki vagina sensitif.

Meski begitu, secara teknis dimungkinkan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas alami asalkan jangan terlalu sering dan tidak memiliki masalah organ intim.

Jika memungkinkan sebaiknya cari alternatif yang lebih baik seperti pelumas berbasis air atau silikon berkualitas tinggi, sehingga aman digunakan untuk Anda dan pasangan.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahaya Minyak Zaitun untuk Pelumas Bercinta

Dikarenakan minyak zaitun sebenarnya digunakan untuk perawatan kulit luar dan juga makanan, ada beberapa risiko jika digunakan sebagai pelumas, di antaranya:

  • Merusak kondom lateks. Seperti disebutkan sebelumnya, minyak zaitun secara perlahan akan mengikis kondom bahan lateks dan kemungkinan robek.
  • Kehamilan dan penularan penyakit kelamin. Kondom yang robek membuat Anda berisiko tinggi mengalami kehamilan yang tidak diinginkan. Selain itu, tingginya risiko penularan penyakit menular seksual (PMS) jika sering berganti pasangan.
  • Alergi. Beberapa wanita tidak tahan dengan minyak zaitun jika digunakan sebagai pelumas. Beberapa wanita kerap mengalami gatal karena alergi. Meski kemungkinan ini cukup kecil, Anda harus tetap berhati-hati.
  • Gatal dan jerawat. Minyak zaitun sulit sekali terserap oleh kulit, bahkan menimbulkan efek tambahan seperti rasa gatal hingga munculnya jerawat di sekitar kemaluan.
  • Infeksi jamur. Penggunaan minyak ini juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur atau ragi pada wanita. Kondisi ini bisa mengganggu fungsi seksual dan reproduksi wanita.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Pelumas saat Berhubungan Seks

Tips Aman Menggunakan Pelumas Minyak Zaitun

Apabila Anda terpaksa menggunakan minyak zaitun untuk berhubungan karena tidak ada pelumas yang lain, atau sekadar untuk mencobanya sebagai kesenangan seks, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan aktivitas seksual tidak berisiko menularkan penyakit menular seksual atau menyebabkan kehamilan apabila sedang mengendalikannya.
  • Minyak zaitun susah dibersihkan, maka lakukan pembersihan dengan benar segera setelah bercinta untuk mengurangi kemungkinan terjadi infeksi atau jerawat di sekitar kemaluan.
  • Hanya mengoleskan pada bagian luar vagina dan jangan sampai masuk ke bagian dalam vagina.
  • Gunakan minyak zaitun yang murni 100 persen untuk menghindari bahan tambahan seperti zat aditif yang dapat mengganggu kesehatan.
  • Pastikan menggunakan minyak zaitun yang belum kedaluwarsa. Untuk itu, cek tanggalnya di balik kemasannya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa penggunaan minyak zaitun tidak dianjurkan untuk pelumas bercinta. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Should I Use Olive Oil As a Lubricant?. https://goodcleanlove.com/blogs/making-love-sustainable/should-i-use-olive-oil-as-a-lubricant. (Diakses pada 24 Juni 2022)
  2. Briyce. Using Olive Oil As A Personal Lube: Here’s What You Should Know. https://www.condom-sizes.org/lubricants-2/using-olive-oil-personal-lube-heres-know. (Diakses pada 24 Juni 2022)
  3. Cafasso, Jacquelyn. 2019. Can I Use Olive Oil as Lube?. https://www.healthline.com/health/olive-oil-as-lube. (Diakses pada 24 Juni 2022)
  4. Eske, Jamie. 2019. Is olive oil safe to use as a sexual lubricant?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325960. (Diakses pada 24 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi