Terbit: 17 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masyarakat selalu menganggap kalau hubungan seks yang normal berjalan hingga berjam-jam. Akibat sering melihat video pornografi pria dan wanita jadi menganggap kalau hubungan seks yang sebentar itu tidak normal. Hubungan seks yang hanya beberapa menit menandakan gangguan.

Berapa Lama Aktivitas Seks Dianggap Normal?

Benarkah hubungan seks yang dianggap normal itu harus hitungan jam? Lalu berapa standar hubungan seks yang dilakukan oleh pria atau wanita sehingga dianggap normal dan bisa saling memuaskan?

Menghapus stereotip perihal hubungan seks

Hubungan seks selalu dianggap sebagai aktivitas panjang hingga berlangsung minimal satu jam. Padahal aktivitas seks yang terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Misal telanjang berjam-jam saat malam hari bisa terkena masuk angina. Lalu pria tidak akan mampu bertahan tidak ejakulasi selama itu.

Faktanya pria akan mengalami ejakulasi setelah 2-7 menit setelah melakukan penetrasi. Sementara itu wanita akan mengalami orgasme lebih lama ketimbang pria sehingga perlu dirangsang lebih intens.

Yang membuat aktivitas seks jadi lama adalah proses pemanasannya. Saat pria dan wanita mulai berciuman hingga akhirnya melakukan penetrasi biasanya memakan waktu hingga 30 menit. Sementara itu aktivitas penetrasi biasanya berjalan 5-15 menit.

Waktu hubungan seks yang dianggap normal

Sebenarnya tidak ada standar berapa lama hubungan seks dikatakan normal dan tidak normal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika bagian utara hubungan seks khususnya penetrasi bisa berjalan antara 3-13 menit. Lebih cepat dari ini dianggap tidak normal karena pria mengalami ejakulasi dini.

Lebih lanjut, penelitian yang dilakukan di  Turki, Spanyol, Amerika, Inggris, dan Belanda menunjukkan kalau penetrasi umumnya berjalan selama kurang lebih 5 menit. Jadi, kalau Anda hanya kuat melakukan penetrasi selama 7-10 menit, itu termasuk normal.

Demikianlah ulasan tentang waktu yang normal untuk berhubungan seks. Bagaimana menurut Anda?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi