Terbit: 10 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bercinta dengan pasangan adalah aktivitas menyenangkan yang akan dilakukan oleh pria atau wanita. Setelah menikah, aktivitas ini juga dilakukan untuk mendapatkan keturunan dan mempererat hubungan antara suami dan istri.

7 Dampak Buruk yang Muncul Kalau Anda Berhenti Bercinta

Meski seks memiliki banyak keuntungan, beberapa pria lebih memilih untuk tidak melakukannya lagi karena berbagai alasan. Biasanya pria tidak bercinta karena mengalami disfungsi ereksi. Sementara itu wanita tidak mau melakukannya karena mendekati menopause.

Berhenti bercinta bukan berarti masalah akan selesai loh. Beberapa orang tidak lagi berhubungan badan malah mendapatkan beberapa gangguan di bawah ini.

Kadar endorphine rendah

Setelah berhubungan badan, tubuh akan menghasilkan endorphine yang membuat suasana jadi tenang dan memperbaiki mood. Kalau pasangan tidak lagi bercinta, mood akan selalu buruk dan kehidupan terasa lebih membosankan.

Lebih Stres

Seks sebenarnya melepaskan segala penat dan stres. Kalau aktivitas ranjang tidak dilakukan lagi, stres akan semakin menumpuk dan membuat pria atau wanita semakin pusing.

Kurang percaya diri

Pria atau wanita akan kurang percaya diri kalau tidak berhubungan seks. Mereka juga jadi kerap menyalahkan diri sendiri kalau mendapatkan masalah.

Disfungsi ereksi pada pria

Pria yang jarang berhubungan seks dan melakukan masturbasi ternyata bisa mengalami disfungsi ereksi. Kondisi ini bisa terjadi karena pria tidak terbiasa lagi alami ereksi karena rangsangan.

Fungsi vagina menurun

Vagina yang jarang digunakan akan menjadi lebih kering dan elastisitasnya berkurang. Kalau suatu saat wanita berhubungan badan, mereka tidak akan menikmatinya lagi.

Depresi

Stres yang berlebihan karena jarang diredakan dengan seks akan menyebabkan pria mengalami penumpukan emosi. Dampaknya mereka bisa mengalami depresi.

Kesehatan jantung menurun

Pada dasarnya seks tidak ubahnya olahraga jenis kardio. Kalau olahraga ini tidak dilakukan, kesehatan jantung akan menurun.

Dari tujuh hal di atas terlihat jelas kan kalau seks itu cukup penting dan tetap harus dilakukan oleh pasangan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi