Terbit: 22 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Puncak libido pada pria terjadi saat remaja dan memasuki usia 20-an tahun. Setelah itu libido akan menurun setelah kadar testosteronnya menurun sebanyak 1% per tahun memasuki usia 30 tahun.

5 Penyebab Rendahnya Libido Remaja Pria dan Wanita

Pada wanita, gairah seks akan mengalami masa keemasan saat berusia 35 tahun ke atas. Pada masa ini wanita lebih berminat berhubungan badan dengan pasangannya sementara pria mulai mengalami penurunan libido.

Secara umum gairah seks atau libido pada remaja pria dan wanita cukup besar setelah puber. Namun, karena kondisi di bawah ini, mereka mengalami penurunan libido dan menyebabkan tubuh jadi sering lemas.

1. Mengalami stres

Saat mengalami stres, remaja akan mengalami penurunan mood dan juga libido. Kondisi ini semakin diperparah dengan dilarangnya remaja melakukan hubungan seks.

2. Tidak memiliki teman bicara

Stres akan menyebabkan remaja mengalami penurunan konsentrasi. Kondisi ini akan membuat mereka semakin terpuruk kalau tidak mendapatkan tempat untuk mencurahkan isi hati.

Peran orang tua, kerabat, teman, atau konselor di sekolah dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi menjadi normal. Anak yang terlalu banyak menerima tekanan juga bisa mengalami kecemasan dan depresi.

3. Isu seksual

Remaja memiliki banyak isu seksual pada tubuhnya. Banyak remaja yang galau dengan kondisi seksual yang dialami. Misal, ada pria yang tertarik dengan pria lain padahal dia merasa hidup sebagai heteroseksual.

4. Rasa tidak aman

Rasa tidak aman kerap menyelimuti remaja. Mereka tidak nyaman dengan bentuk tubuh, bentuk alat vital, dan kemampuan adaptasi dengan lingkungan. Rasa insecure ini menyebabkan mereka terlalu berpikir dan mengalami stres.

5. Adanya pengaruh kesehatan dan obat

Pengaruh obat dan kesehatan juga menyebabkan penurunan libido. Remaja yang memiliki sakit kronis dan mengonsumsi narkoba atau obat tertentu seperti antidepresan bisa mengalami penurunan gairah seksual.

Terlepas dari lima hal tersebut, remaja memang tidak disarankan untuk melakukan hubungan seks. Tapi, penurunan libido juga memberikan dampak buruk sehingga mereka harus mengatasinya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi