Terbit: 11 October 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Berpenampilan menarik di hari pernikahan adalah sesuatu yang penting, tidak hanya untuk wanita tetapi juga bagi pria. Seperti halnya wanita, seorang pria juga perlu terlihat memukau di hari istimewanya. Lantas, apa saja perawatan pria sebelum menikah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Perawatan yang Penting Dilakukan Pria Sebelum Menikah

Perawatan yang Diperlukan Pria Sebelum Menikah

Selain memilih pakaian dan aksesori yang tepat, penting bagi setiap calon pengantin pria untuk mengetahui berbagai perawatan untuk menunjang penampilannya. Sesuatu yang sederhana seperti mencukur atau facial wajah dapat membantu meredakan ketegangan dan membantu Anda lebih percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa perawatan sebelum menikah untuk pria yang penting untuk Anda tahu, di antaranya:

1. Potong Rambut

Perawatan yang pertama dan penting untuk dilakukan adalah merapikan tampilan rambut. Oleh karena itu, Anda harus potong rambut seminggu sebelum pernikahan. Jangan mengambil risiko memangkas rambut terlalu dekat dengan hari pernikahan.

Memotong rambut seminggu sebelumnya memberi waktu bagi rambut Anda untuk tumbuh sedikit, hal ini untuk berjaga-jaga jika tukang cukur tidak memberi potongan yang sesuai dengan keinginan Anda. Mencoba potongan rambut baru yang drastis jelang hari pernikahan bukanlah waktu yang tepat.

Bila Anda tetap ingin memiliki rambut agak panjang di hari pernikahan, tetap disarankan untuk merapikan penampilan rambut agar tetap panjang namun rapi dan memesona.

Lakukan juga perawatan rambut, ya! Anda juga bisa menggunakan kondisioner untuk rambut agar memberikan tampilan yang sehat. Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

2. Perawatan Tangan dan Kuku

Meski tangan adalah bagian tubuh yang jarang difoto dalam jarak dekat, Anda harus memastikan bahwa kondisinya terlihat baik. Pergilah ke salon terdekat atau lakukan perawatan sendiri di rumah.

Gunakan gunting kuku untuk menghilangkan kutikula yang berlebih, bentuk kuku dengan kikir untuk menghaluskannya, dan akhiri dengan mengoleskan losion ke jaringan tangan/kuku.

3. Perawatan Wajah

Perawatan tubuh pria sebelum menikah lainnya yang juga tidak kalah penting adalah perawatan wajah. Facial wajah adalah metode yang bagus untuk mengatasi untuk kulit kering, kusam atau tampak lelah.

Jika Anda belum pernah melakukan perawatan wajah sebelumnya, perawatan kulit ini sebaiknya dilakukan tiga minggu sebelum hari pernikahan. Hal ini diperlukan untuk memberi waktu pada kulit jika meradang atau teriritasi setelah perawatan.

Sementara itu, jika terdapat lingkaran hitam dan kantung mata, Anda dapat menggunakan krim mata atau menggunakan beberapa bahan alami seperti kentang, kantong teh bekas, atau mentimun sejak beberapa bulan atau minggu sebelum hari pernikahan.

Perawatan rumahan lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan masker peel off anti aging. Masker ini dapat  membuat kulit halus dan merata. Ini adalah perawatan yang baik bagi Anda yang memiliki jerawat atau ingin menghilangkan garis-garis halus.

Baca Juga: 11 Jenis Tes Kesehatan Sebelum Menikah yang Harus Anda Ketahui

4. Perawatan Gigi dan Mulut

Jika Anda memiliki gigi kekuningan, silakan kunjungi dokter gigi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, flossing dan menyikat gigi setiap hari akan membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

Anda pasti ingin memiliki senyum yang cerah untuk setiap foto pernikahan. Jadi, mulailah perawatan setidaknya tiga bulan sebelumnya. Sedangkan, jika perawatan dilakukan oleh dokter, dua hingga tiga minggu sebelumnya adalah waktu yang terbaik.

Perlu diketahui juga, bibir pecah-pecah adalah masalah umum yang dihadapi oleh wanita namun bisa juga dialami oleh pria. Oleh karena itu, gunakan lip balm yang membuat bibir Anda lembap dan ternutrisi sepanjang hari.

5. Pijat

Merencanakan pernikahan bisa membuat seseorang menjadi stres. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan relaksasi atau pijat untuk membantu meredakan ketegangan. Perawatan ini tidak hanya dilakukan oleh pria, seorang wanita juga bisa melakukannya, atau jauh lebih baik jika dilakukan bersama pasangan.

Nah, itulah berbagai perawatan pria sebelum menikah yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, dan penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari agar Anda tetap bugar dari dalam dan luar menjelang hari bahagia pernikahan. Pastikan juga untuk melakukan tes kesehatan sebelum menikah, ya!

 

  1. Prince, Farah. 2018. 7 Essential Prewedding Grooming Treatments. https://www.theknot.com/content/groom-guide-wedding-grooming. (Diakses pada 11 Oktober 2021).
  2. Singh, Parul. 2015. Top 10 Pre-Wedding Beauty Tips Every Bride Would Love To Share With Her Groom. https://www.bollywoodshaadis.com/articles/pre-wedding-beauty-tips-for-grooms-3918. (Diakses pada 11 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi