Terbit: 25 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Push up adalah sebuah gerakan atau teknik dalam dunia kebugaran yang dilakukan dengan menggunakan otot tangan perut dan kaki. Push up sendiri terbilang sebagai gerakan dasar dalam olahraga. Namun, walau gerakan dasar, masih banyak orang yang tidak bisa melakukan push up dengan sempurna.

Inilah 3 Variasi Push Up yang Jarang Diketahui, Coba Yuk!

Hal tersebut adalah wajar, sebab push up memang terkesan membosankan maka dari itu banyak orang yang malas melakukan push up atau mempelajari push up secara mendetail. Nah, untuk mengatasi rasa bosan akibat gerakan yang monoton tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa variasi push up berikut ini agar latihan menjadi semakin menyenangkan.

1. Triangle Push Up

Dalam melakukan varasi push up ini, Anda perlu menggunakan kekuatan otot triceps. Praktiknya pun cukup mudah, pertama Anda harus berada pada posisi push up seperti biasanya. Lalu, dekatkan kedua tangan sehingga membentuk segitiga. Jangan lupa mengatur lebar kaki untuk menjaga keseimbangan. Kemudian, angkat tubuh Anda seperti push up biasa. Biasanya, bagi pemula latihan ini agak sedikit berat daripada push up biasanya.

2. Clap Push Up

Dalam variasi ini, Anda akan melakukan push up dengan mengandalkan kekuatan lengan dan dada. Hal tersebut dikarenakan variasi ini dilakukan dengan mengangkat tubuh dan melepas tangan dari lantai. Praktiknya mudah, pertama Anda harus berada pada posisi push up. Lalu, ketika mengangkat tubuh, lakukanlah sekuat mungkin sehingga tubuh Anda terangkat dan tangan tidak menyentuh lantai. Banyak yang mengatakan kalau variasi ini mirip dengan loncat, tapi dengan posisi push up.

3. Spiderman

Mungkin Anda sudah tak asing lagi variasi push up yang satu ini, sebab sudah banyak digunakan pada berbagai macam latihan. Sesuai dengan namanya, variasi ini menggunakan pola yang membentuk laba-laba. Praktiknya sedikit menarik, yakni Anda push up dengan kaki satu. Artinya, satu kaki berada di lantai, sedangkan kaki satunya terangkat dan menekuk maju layaknya laba-laba.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi