Terbit: 23 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Olahraga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak heran jika banyak ahli kesehatan yang menyarankan seseorang berolahraga secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Olahraga sendiri memiliki beragam jenis, salah satunya adalah jogging atau lari.

Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang Jogging

Jogging atau lari merupakan latihan yang masuk ke dalam jenis kardio. Olahraga ini sangat mudah dilakukan karena hanyako mengayunkan kaki dengan irama dan kecepatan yang diinginkan. Selain mudah, lari juga tidak memerlukan biaya seperti saat Anda berolahraga di pusat kebugaran.

Namun, sama halnya dengan aktivitas fisik lainnya yang juga memiliki risiko berbahaya jika dilakukan dengan cara yang salah, demikian pula dengan lari. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat sedang jogging atau berlari, diantaranya:

  • Hindari Pemakaian Sepatu yang Tidak Nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lari merupakan olahraga yang murah karena tidak menggunakan alat mahal seperti yang ada di pusat kebugaran. Akan tetapi, Anda hanya perlu menggunakan sepatu saja sebagai alas yang dapat melindungi kaki Anda ketika berlari.

Sebaiknya, hindari pemakaian sepatu yang tidak nyaman seperti ukuran sepatu yang kekecilan atau sepatu yang telah rusak. Hal itu dapat membuat kaki Anda terasa sakit dan olahraga Anda menjadi terganggu.

  • Tidak Makan Sebelum Lari

Anda tentu tahu bahwa 2 hingga 3 jam sebelum melakukan olahraga, ada baiknya jika makan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tubuh mendapatkan energi selama berlari. Namun, tidak sedikit orang yang terburu-buru berlari tanpa mengonsumsi makanan apapaun sebelum melakukannya. Akibatnya, mereka akan mudah lelah bahkan tidak sanggup lagu untuk berlari.

  • Tidak Memastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik Sebelum Lari

Saat berlari, jangan lupa untuk memastikan bahwa tubuh Anda benar-benar telah terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, konsumsi air putih yang cukup sebelum melakukan olahraga. Sebab, jika tubuh Anda dalam keadaan kurang dehidrasi, maka Anda akan mengalami lelah, pusing, bahkan muntah. Selain itu, perlu Anda perhatikab bahwa minumlah secukupnya saja agar perut Anda tidak terasa begah sehingga suli berlari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi