Terbit: 25 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Olahraga memang merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyehatkan. Tapi, kendati demikian masih banyak orang yang enggan untuk melakukannya dengan berbagai alasan. Selain itu, rasa malas juga menjadi salah satu penyebab minimnya kesadaran akan pentingnya olahraga.

Tips Memilih Olahraga Sesuai dengan Karakter Diri

Berangkat dari kasus tersebut, banyak pakar yang melakukan penelitian lanjut tentang olahraga. Penelitian itu meliputi alasan mengapa orang-orang menjadi malas berolahraga, padahal sangat penting manfaatnya.

Dari penelitian panjang dan survei yang melibatkan responden seperti dikutip dari laman SteptoHealth, menjelaskan bahwa ternyata ada satu faktor yang menyebabkan seseorang menjadi malas berolahraga. Faktor itu adalah olahraga yang dipilihnya tidak sesuai dan tidak cocok dengan dirinya.

Sebab, ternyata pemilihan olahraga harus disesuaikan dengan karakter serta kepribadian diri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa olahraga yang sesuai dengan karakter diri.

  • Penuntut

Jika kita adalah seorang yang memiliki karakter penuntut, maka olahraga yang dipilih haruslah olahraga yang tidak mengandalkan banyak tenaga atau pikiran. Salah satunya adalah yoga. Sebab, ketika orang penuntut memilih olahraga keras, maka diat tidak akan tenang dan justru malah mengeluh akibat lelahnya olahrahga yang dilakukan.

  • Gugup

Kemudian, orang yang memiliki kepribadian gugup atau mudah grogi, maka olahraga yang dibutuhkan adalah olahraga yang melatih mental dan dilakukan dalam ruangan. Salah satunya bisa melakukan tai chi, yoga, senam, dan sebagainya asal dilakukan dalam ruangan. Sebab, jika melakukannya di keramaian, maka hasil tidak akan maksimal karena terhalang rasa gugup.

  • Agresif

Jika kita adalah orang yang memiliki sifat agresif, maka kita harus memilih olahraga yang cukup kuat dan memiliki tantangan, misalnya tinju, berenang, dan lari. Sebab, orang yang agresif akan lebih enerjik ketika melakukan hal yang dianggapnya menantang.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi