Terbit: 25 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari kardio hingga latihan beban. Di dalam latihan akrdio pun masih terdapat beragam jenis olahraga lainnya seperti senam, berenang, bersepeda, lari, jalan kaki, treadmill, dan lain sebagainya. Tak heran jika hal tersebut bisa membuat Anda bingung untuk memilih olahraga mana yang cocok untuk Anda.

Bingung Cara Memilih Jenis Olahraga yang Cocok? Berikut Tipsnya

Salah memilih jenis latihan juga bisa berpengaruh pada konsistensi Anda dalam berolahraga. Pasalnya, jika Anda melakukan olahraga yang salah, maka Anda akan bosan dan lebih memilih untuk tidak melakukannya lagi. Oleh sebab itu, diperlukan tips khusus dalam memilih olahraga yang cocok agar Anda tidak salah dalam memilih. Apa saja tips tersebut?

1. Pilih Olahraga yang Disukai

Segala sesuatu yang dilakukan dengan perasaan senang, pasti akan terasa mudah, begitu pula dengan olahraga. Piliihlah olahraga yang benar-benar Anda senangi, jangan hanya karena olahraga tersebut terlihat keren. Sebab, jika Anda memilih olahraga yang Anda suka, maka Anda akan terus melakukan nya setiap hari. Begitupun sebaliknya, jika olahraga yang Anda pilih bukanlah olahraga yang Anda suka, maka dijamin Anda akan malas dan ujung-ujungnya akan berhenti berolahraga.

2. Pertimbangkan Waktu

Mempertimbangkan waktu sebelum memilih olahraga sangatlah penting, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang sangat padat. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga, apakah sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan berapa lama waktu yang harus Anda gunakan dalam berolahraga. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda tidak mengalami kelelahan.

3. Olahraga Sendiri atau Bersama Orang Lain

Jika Anda termasuk seseorang yang suka melakukan hal semuanya sendiri, ada baiknya Anda memilih olahraga yang bsia dilakukan di rumah saja, seperti treadmill, lari, jalan kaki, senam di dalam kamar. Namun, jika Anda yang suka berolahraga bersama orang lain, tidak ada salahnya jika Anda datang ke pusat kebugaran, sanggar senam, atau perkumpulan yoga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi