Terbit: 25 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menggeluti olahraga lari memang sangat menyenangkan. Sebab, olahraga yang satu ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, lari juga tergolong sebagai olahraga yang ekonomis karena tidak membutuhkan biaya khusus untuk melakukannya.

4 Cara Membuat Tubuh Menjadi Ringan Saat Berlari

Namun, walau sangat praktis dan ekonomis, tidak sedikit orang yang malas melakukan lari. Hal itu dikarenakan mereka menganggap olahraga lari adalah aktivitas yang melelahkan. Apalagi ketika mereka tidak terbiasa, maka baru beberapa langkah saja pasti akan ngos-ngosan.

Perlu diketahui, hal utama yang membuat tubuh mudah terasa lelah saat olahraga lari adalah karena otot dan tubuh belum siap. Mereka belum mengetahui bagaimana tips dan trik agar olahraga lari menjadi lebih menyenangkan. Ketika mereka tahu rahasianya, maka lari akan menjadi pilihan utama yang dilakukan setiap hari.

Rahasia itu berkenaan dengan cara membuat tubuh ringan saat berlari. Sebab, ketika lari dibutuhkan kestabilan dan keahlian untuk membuat badan terasa ringan sehingga tidak mudah lelah. Lantas, apa saja tips tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Pemanasan

Pastikan bahwa kita melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum lari. Pemanasan sendiri difungsikan untuk melatih otot yang masih kaku. Dengan otot yang sudah meregang, maka tubuh bisa berolahraga tanpa takut risiko cedera. Selain itu, pemanasan juga bisa meningkatkan performa lari kita.

2. Langkah yang Besar

Sebagai pemula dalam olahraga lari, alangkah baiknya kita menggunakan teknik langkah yang besar. Sebab, lari dengan langkah kecil justru bisa membuat kaki semakin mudah lelah. Apalagi langkah kecil yang dibarengi dengan kecepatan, maka tak menunggu waktu lama tubuh akan akan ngos-ngosan dan tak kuat melanjutkan latihan.

3. Kombinasi

Hal ini juga penting dan harus diperhatikan oleh pemula. Lari tidak butuh memforsir tenaga, tapi lakukanlah semudah dan senyaman mungkin. Salah satunya adalah dengan kombinasi. Yang dimaksud kombinasi adalah menggabungkan lari dan jalan. Ketika kita mulai lelah berlari, maka kita bisa berjalan beberapa saat sebelum melanjutkan lari.

4. Sedikit Membungkuk

Selanjutnya, cobalah lari dengan sedikit membungkuk. Sebab, perlu diketahui bahwa hal yang membuat kita menjadi berat saat berlari adalah melawan angin. Untuk itu, membungkuk adalah cara yang cukup efektif agar tekanan angin tidak terlalu dirasa.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi