Terbit: 20 September 2022 | Diperbarui: 21 September 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Senam irama adalah salah satu jenis olahraga yang tidak hanya membuat sehat dan segar, tetapi juga bisa memberikan hiburan dan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

Tidak Hanya Bikin Bugar, Inilah Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

Apa itu Senam Irama?

Senam irama adalah jenis olahraga aerobik yang mengombinasikan antara gerakan senam, tari, dan alunan musik. Senam irama digagas oleh François Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18. Kemudian, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan ini hingga jadilah senam irama.

Senam irama memiliki kelebihan tersendiri karena selain berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, senam ini juga membantu Anda untuk mengekspresikan diri.

Senam irama oleh Federasi Gimnastik Internasional (IFG) sudah diakui sebagai cabang olahraga senam sejak dekade 1960-an dan dipertandingkan pertama kali pada Olimpiade 1984.

Manfaat Senam Irama untuk Tubuh

Tidak hanya keriangan yang dihasilkan dari aktivitas senam ini, ada berbagai manfaat lain dari senam irama terhadap kesehatan tubuh, baik dari segi mental maupun fisik.

Berikut adalah berbagai manfaat senam irama yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menguatkan Otot

Senam irama bagi tubuh dapat menguatkan jaringan otot pada tubuh. Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan senam ini secara otomatis mampu membuat otot-otot menjadi lebih lentur dan kuat.

Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh; juga mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

2. Memperbaiki Bentuk Fisik

Senam irama ternyata berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, terutama di bagian lengan, perut pinggul, dan paha. Apabila rajin senam irama, kemungkinan besar akan membantu  menghasilkan bentuk fisik tubuh yang proporsional dan bagus.

Dikarenakan dianggap sebagai olahraga artistik, senam ini dapat membantu meningkatkan kreativitas Anda. Senam ini mendorong Anda untuk membuat rutinitas yang menyenangkan melalui tema dan konsep. Hal ini bisa dicapai dengan tubuh dan peralatan yang digunakan.

3. Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Selain memperbaiki bentuk fisik, manfaat senam irama juga dapat membantu memperbaiki keseimbangan fisik.

Setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, yang mana hal ini berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

4. Merawat Kesehatan Tulang

Ketika melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh.

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah, misalnya osteoporosis.

Baca Juga: Senam Maumere, Ketahui Gerakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan!

5. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam pun menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan.

Tanpa disadari, Senam irama dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Tak ayal, orang yang melakukan senam ini cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

6. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Otak yang sehat dan berfungsi baik dapat meningkatkan daya ingat dan fokus, serta mencegah timbulnya penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Salah satu manfaat melakukan senam irama adalah mengoptimalkan dan merawat fungsi otak tersebut. Manfaat yang satu ini tak lepas dari gerakan senam dan alunan musik yang diklaim efektif menurunkan kadar epinefrin dan kortisol. 

Kedua hormon tersebut yang menjadi faktor pencetus stres, untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, cobalah senam irama. Selain menjaga pola makan, melakukan senam irama adalah cara lain untuk mempercepat proses pembakaran lemak sehingga berat badan berkurang.

Manfaat melakukan senam irama yang satu ini tak lepas dari gerakan senam itu sendiri dengan alunan musik energik yang mengiringinya.

8. Mencegah Timbulnya Penyakit

Semua jenis olahraga—tak terkecuali senam irama—adalah satu dari sekian banyak cara alami untuk mencegah tubuh dari timbulnya berbagai macam penyakit.

Senam irama dapat menjaga tubuh agar senantiasa bugar, di mana tubuh yang bugar akan lebih tahan terhadap penyakit. Dengan Begitu, Anda akan terhindari dari penyakit ringan hingga berat seperti radang paru-paru, jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

Baca Juga: Senam Kaki Diabetes, Olahraga Ringan untuk Mengontrol Gula Darah

9. Membangun Kepercayaan Diri

Dari perspektif kesehatan mental, melakukan senam irama ternyata bisa membangun kepercayaan diri, lho. Hal ini lebih terkait dengan efek sugesti, di mana seseorang yang berhasil menguasai teknik senam irama dengan baik tanpa disadari jadi lebih percaya diri dan merasa senang.

Jadi, untuk Anda yang kini mengalami krisis kepercayaan diri, cobalah untuk melakukan senam irama dan buktikan manfaatnya.

10. Membangun Interaksi Sosial

Senam irama dilakukan secara berkelompok, bisa hanya lima orang atau dalam jumlah peserta yang sangat banyak. Lagi-lagi, hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat lainnya yaitu membangun interaksi sosial di antara pesertanya.

Dengan mengikuti senam irama bersama, Anda jadi lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini bagus untuk pengembangan diri. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi satu sama lain.

11. Memiliki Gaya Hidup Aktif

Alih-alih menjadi individu yang malas dan kurang aktif, melakukan senam irama akan membantu melatih Anda untuk lebih aktif bergerak. Senam ini juga membuat Anda bersosialisasi, sehingga kebugaran tubuh dan kesehatan mental tetap terjaga.

12. Meningkatkan Fleksibilitas

Berbagai macam gerakan yang dilakukan saat melakukan senam ini  dapat membantu mencegah menurunnya fleksibilitas tubuh dan membuat otot lebih kuat. Pada akhirnya, semua efek tersebut membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, nafsu makan, dan istirahat.

13. Menghilangkan Stres

Stres adalah kondisi alamiah yang bisa menyebabkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya, stres tidak bisa dihindari. Semua orang pasti pernah mengalami stres, entah itu karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya.

Kendati begitu, jangan biarkan stres berlarut-larut agar tidak terlalu mengganggu kesehatan. Alih-alih larut dalam stres, langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah melakukan senam irama.

Suasana riang dan penuh energi yang dihasilkan dari kegiatan senam ini efektif mengusir stres. Untuk itu, jangan sia-siakan manfaat senam irama untuk tubuh Anda.

Baca Juga: Senam Anti Stroke: Manfaat, Jenis, dan Gerakan

Teknik Senam Irama

Teknik senam irama tidak jauh berbeda seperti teknik senam lainnya. Senam irama terdiri dari gabungan gerakan kepala, lengan tangan, dan kaki dengan arah gerakan yang bermacam-macam, mulai dari ke atas, ke bawah, dan ke samping mengikuti alunan musik pengiring.

Berikut teknik senam irama yang memiliki 3 nilai (value), di antaranya:

  • Disiplin. Nilai teknik senam irama yang pertama adalah disiplin, yakni bagaimana Anda secara konsisten menyelaraskan antara gerakan tubuh dengan alunan musik yang mengiringi senam irama.
  • Estetika. Mengingat senam irama mengandung unsur seni tari, maka setiap gerakan senam yang dilakukan harus mampu menghadirkan harmoni dan keindahan yang menarik untuk dilihat.
  • Toleransi. Senam irama adalah senam yang dilakukan secara berkelompok. Oleh sebab itu, setiap peserta perlu menjunjung tinggi toleransi antar anggota kelompok guna menghasilkan gerakan yang harmonis sepanjang senam berlangsung

Itulah berbagai manfaat senam irama yang bisa Anda dapatkan. Pertahankan terus aktivitas menyehatkan ini demi tubuh yang senantiasa bugar. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Benefits of Rhythmic Gymnastics for Children. https://youaremom.com/play-time/benefits-rhythmic-gymnastics/. (Diakses pada 20 September 2022)
  2. Anonim. 2015. Top 10 Health Benefits of Gymnastics. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-gymnastics/. (Diakses pada 20 September 2022)
  3. Anonim. 2014. 9 Reasons Why You Should Do Rhythmic Gymnastics. https://tunegym.com/blog/9-reasons-you-should-do-rhythmic-gymnastics/. (Diakses pada 20 September 2022)
  4. Tierney, Ethne. 2020. 10 Benefits of rhythmic gymnastics for children and adolescents. https://www.herreleve.com/post/10-benefits-of-rhythmic-gymnastics-for-children-and-adolescents. (Diakses pada 20 September 2022)
  5. Zehr, Michelle. 2011. What Are the Health Benefits of Gymnastics?. https://healthfully.com/541372-the-importance-of-physical-fitness-as-a-teenager.html. (Diakses pada 20 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi