Terbit: 22 Maret 2018 | Diperbarui: 31 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ingin membentuk otot tubuh sehingga tampak kekar? Cobalah fitness. Memang fitness salah satu aktivitas kebugaran yang digunakan untuk membentuk otot pada tubuh.  Walau fitness bukan satu-satunya jalan membentuk otot, nyatanya banyak orang yang lebih percaya dengan olahraga ini dan berduyun-duyun datang ke pusat latihan kebugaran. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang datang tanpa pengetahuan terlebih dahulu sehingga program latihan akan sia-sia tanpa memberikan hasil yang maksimal.

Sebelum Fitness, Perhatikan Dulu Hal Berikut ini!

Photo Credit : pexels.com

Sebenarnya ada tiga tujuan utama orang-orang datang ke tempat latihan, yaitu wight gan, fat loss, dan shapping. Nah, dari ketiga tujuan tersebut tentunya memiliki cara berlatih dan metode yang berbeda. Maka sebaiknya Anda harus mengetahui dulu apa tujuan Anda datang ke tempat fitness. Sebab, Anda sampai salah dalam mengambil metode, maka usaha Anda selama ini akan sia-sia. Waktu dan uang pun akan terbuang percuma.

Jika Anda ingin menambah masa otot tubuh atau weight gan, maka yang perlu Anda lakukan adalah disiplin menggunakan alat-alat gym yang tersedia. Fokusnya adalah menaikkan berat atau volume otot, bukan lemak. Jadi, Anda harus memfokuskan otot mana yang ingin dibentuk dengan bantuan alat-alat yang tersedia di sana.

Lantas, jika Anda ingin membuang lemak, maka ada caranya juga. Cara tersebut bisa dengan menaikkan massa otot di beberapa bagian tubuh Anda. Dengan metode kombinasi antara angkat beban dan kardio, maka lemak yang menumpuk pada tubuh Anda akan segera terbakar tanpa butuh waktu lama. Anda bisa melakukan beberapa macam cardio, seperti treadmill atau latihan lainnya. Tapi ingat, harus ditemani oleh profesional agar bisa membimbing Anda.

Yang terakhir adalah shaping atau membentuk. Kalau urusan yang satu ini memang sedikit kompleks.  Selain dituntut mengangkat beban, Anda juga harus melakukan gerakan-gerakan kebugaran seperti push up, sit up, plank, dan sebagainya. Selain itu, bila ingin tujuan Anda mencapai hasil maksimal, Anda juga harus memerhatikan pola makan. Disarankan untuk mengonsumi makanan yang mengandung protein tinggi.

Nah, semoga Anda berhasil membentuk tubuh jadi lebih berotot dan kekar!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi