Terbit: 26 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Lari merupakan salah satu jenis latihan kardio yang digemari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan lari bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus membutuhkan tempat dan biaya khusus. Selain itu, lari juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang paling umum dirasakan adalah seperti dapat membantu menurunkan berat badan dan yang paling penting adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Tidak Hanya Lari, Olahraga ini Juga Baik untuk Kesehatan Jantung

Walaupun demikian, tidak sedikit pula orang yang tidak suka dengan jenis olahraga ini. Alasannya, lari membutuhkan tenaga lebih sehingga seringkali membuat mereka kelelahan. Bagi Anda yang tidak menyukai olahraga lari namun ingin memiliki jantung yang sehat, berikut adalah 3 jenis olahraga lainnya yang juga bisa bermanfaat untuk menyehatkan jantung, diantaranya:

1. Besepeda

Bersepeda juga masih termasuk ke dalam jenis latihan kardio. Tidak hanya menyenangkan, olahraga ini juga memiliki manfaat yang sama dengan lari, yakni bisa membantu menjga kesehatan jantung. Anda bisa bersepeda jika merasa malas untuk berlari. Bersepeda juga bisa dilakukan dalam jarak tempuh yang cukup jauh sehingga sangat efektif untuk melatih detak jantung. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan lupa untuk menggunakan alat pengaman saat bersepeda agar Anda terhindar dari berbagai macam masalah seperti cedera.

2. Berenang

Masih termasuk ke dalam jenis latihan kardio, berenang juga bisa menjadi pilihan yang pas bagi Anda untuk menurunkan berat badan serta menyehatkan jantung. Berenang bisa dilakukan oleh segala usia karena gerakan yang dilakukan tidak membebani sendi. Akan tetapi, berbeda dengan lari yang bisa dilakukan di mana saja, berenang harus dilakukan di kolam renang. Jadi, jika Anda tidak memiliki kolam pribadi di rumah, maka Anda harus pergi ke kolam renang umum yang tentunya harus mengeluarkan biaya.

3. Lompat Tali

Jenis olahraga terakhir yang bisa Anda pilih untuk menyehatkan jantung selain lari adalah lompat tali. Olahraga ini seringkali dilakukan bagi mereka yang ingin meninggikan badan. Anda hanya perlu menggunakan tali khusus olahraga dan bisa melaukan lompat tali di dalam maupun di luar rumah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi