Terbit: 24 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi pemula dalam dunia kebugaran, tentu saja akan merasa bingung dalam melakukan latihan. Kebingungan itu bisa menyangkut banyak hal, mulai dari teknik latihan, pola makan, sampai jadwal latihan yang belum diketahui. Oleh karenanya, banyak yang menyarankan setiap pemula untuk menggunakan jasa personal trainer agar latihan menjadi lebih terarah dan cepat mendapat hasilnya.

Bagi Pemula, Inilah Tips Membuat Jadwal Fitnes yang Benar

Namun, menggunakan jasa personal trainer pun tidak mudah dan tidak murah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Tentunya hal itu yang menjadikan kebanyakan pemula enggan untuk menyewa personal trainer.

Nah, bagi Anda yang enggan menyewa personal trainer karena faktor biaya, tidak perlu bingung lagi dalam menentukan jadwal latihan. Sebab, doktersehat.com akan memberikan beberapa tips tentang mengatur jadwal latihan bagi pemula yang tepat. Adapun tipsnya sebagai berikut.

1. Tentukan Prioritas

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah prioritas. Jadi, Anda harus tahu dulu apa tujuan Anda dan prioritas utama dalam mengikuti program fitnes. Sebab, setiap prioritas memiliki waktu latihan yang berbeda. Misalnya Anda ingin membentuk otot lengan, maka waktu yang dibutuhkan tidak sepadat ketika membentuk otot dada. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu prioritas Anda.

2. Tetapkan Durasi

Ketika sudah mengetahui dan memutuskan prioritas, selanjutnya Anda perlu menetapkan durasi latihan. Penetapan durasi ini penting, baik dalam pembentukan otot maupun dalam keselematan latihan. Sebab, otot Anda masih terbilang lunak dan belum waktunya untuk dilatih keras. Jadi, ada baiknya bagi pemula melakukan latihan tidak lebih dari 3 jam dengan rutinitas 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

3. Atur Hari yang Tepat

Mengatur hari latihan adalah sebuah hal yang penting namun banyak tidak diketahui oleh pemula. Sebagai orang yang baru menggeluti dunia fitnes, Anda masih belum bisa berlatih secara rutin setiap hari karena berbagai faktor. Oleh karenanya, waktu yang ideal adalah dua hari sekali. Misalnya Anda memulai pada hari senin, maka latihan selanjutnya jatuh pada hari rabu, dan jumat. Selebihnya, adalah waktu istirahat bagi tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi